Politisi Dites Alkohol Jadi Isu Pemilu Lokal di Melbourne

Author : Administrator | Thursday, November 27, 2014 10:59 WIB
Gedung parlemen negara bagian Victoria, Australia, di pusat kota Melbourne.

MELBOURNE, KOMPAS.COM - Kalangan politisi di Melbourne, Australia, perlu dites alkohol secara random pada saat jam kerja, untuk menghindari terulangnya parlemen yang tidak berfungsi dan khaos dalam empat tahun terakhir.

Hal ini mengemuka dalam janji kampanye Partai Buruh menjelang pelaksanaan pemilu lokal di Negara Bagian Victoria, Sabtu (29/11/2014).

Parlemen Victoria terletak di pusat Kota Melbourne, dan menurut Partai Buruh, kebanyakan wakil rakyat saat ini tidak menjalankan fungsinya dengan baik dicurigai karena banyak yang terpengaruh alkohol pada jam kerja.

Sama seperti di tingkat federal, di negara bagian Victoria yang berkuasa adalah Partai Liberal.
Menurut Partai Buruh, jika mereka memenangkan pemilu lokal ini, mereka akan membuat undang-undang yang mewajibkan tes secara random terhadap kalangan politisi pada saat jam kerja.

Juru bicara Partai Buruh Martin Pakula mengatakan, partainya sangat prihatin atas kondisi Parlemen Victoria saat ini sehingga perlu dilakukan peningkatan standar dan kualitas.

Menurut Pakula, Parlemen Victoria telah menjadi sirkus dan sesi dengar pendapat telah berubah menjadi ajang mencari keuntungan politis.

Pakula mengaku pernah mendengar adanya wakil rakyat yang mabuk-mabukan di gedung wakil rakyat. "Saya tidak ingin membesar-besarkan, tapi kejadian ini betul terjadi," katanya.

Ia menjelaskan, Partai Buruh akan mengajukan UU untuk mengatasi hal ini, dengan cara mengetes alkohol para wakil rakyat secara random.

Pakula mengatakan, para wakil rakyat tidak dituntut menjadi "orang suci" namun konsumsi alkohol yang melebihi kadarnya pada jam kerja sangat tidak diharapkan.

Menteri Utama Victoria dari Partai Liberal Denis Napthine menyatakan tidak ada masalah dengan rencana Partai Buruh ini. Namun ia menyebutnya sebagai "sikap politik kerdil" yang ditunjukkan Partai Buruh menjelang pemilu.

"Ini bentuk kemunafikan Daniel Andrews dan Partai Buruh yang di sisi lain menolak tes narkoba dan alkohol bagi pekerja di sektor konstruksi," kata Naptine. Daniel Andrews adalah ketua Partai Buruh Victoria.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1