Polisi Texas: Ledakan di Pabrik Pupuk Murni Kecelakaan

Author : Administrator | Friday, April 19, 2013 09:57 WIB
Pabrik pupuk yang meledak di Texas, AS (REUTERS/Mike Stone)

Amerika Serikat - Tim evakuasi terus mencari korban ledakan pabrik pupuk di kota West, negara bagian Texas, Amerika Serikat. Pihak berwenang memperkirakan insiden yang berlangsung pada Rabu setempat itu menewaskan antara 5 hingga 15 orang.

Menurut stasiun berita BBC, pejabat Dinas Darurat setempat menduga ledakan di pabrik ini dipicu oleh amonia. Polisi pun menegaskan, ledakan yang terjadi Rabu malam itu murni kecelakaan industri. Namun, polisi mengingatkan, lokasi ledakan tertutup bagi warga karena jadi tempat kejadian perkara (TKP).

Lebih dari 160 orang terluka. Selain itu, empat petugas dinas darurat juga hilang setelah ledakan. Petugas juga memperkirakan korban tewas akan terus bertambah.

Petugas menolak menyebutkan angka pasti korban tewas dalam insiden ini. Dengan alasan kemanan, Biro Alkohol, Rokok, dan Senjata Api melarang siapapun memasuki area yang terkena imbas ledakan.

Ledakan tersebut sempat memicu getaran yang setara dengan gempa dengan kekuatan kecil. Puluhan rumah di Kota West, dekat Waco, hancur.

Gubernur Texas, Rick Perry, sudah mendeklarasikan tempat tersebut sebagai lokasi bencana dan akan meminta deklarasi darurat dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Deklarasi ini memungkinkan bantuan pemerintah federal bisa turun. Menurutnya, Presiden Obama sudah menawari Texas bantuan dari pusat.

Setelah ledakan, imbuhnya, petugas memonitor kondisi udara dan pipa gas atas dugaan pencemaran. "Suplai gas sudah dimatikan sampai semua potensi resiko dinilai tak ada lagi," kata Perry.

Masih Labil

Sejauh ini, pabrik masih dinilai labil dan sangat bahaya karena polisi menemukan zat berbahaya seperti amonium nitrat di TKP. Pakar dari federasi dan staf badan lingkungan negara akan meneliti sejauh mana bahaya zat ini.

Sebelumnya, polisi mengungkapkan, pabrik ini menyimpan amonia anhidrat, pupuk tidak mudah terbakar. "Amonia anhidrat akan terbakar, tapi janggal sampai dia meledak. Yang biasanya meledak itu adalah amonium nitrat," jelas Profesor Andrea Sella, pakar pupuk kimia dari University College London.

Setahu dia, amonium nitrat jadi dasar industri tambang. Dalam racikan yang tepat dan benar, amonium nitrat umum dipakai sebagai peledak komersial.

Harvested from: http://dunia.news.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1