Pilpres Uruguay Berlangsung Ketat

Author : Administrator | Monday, October 27, 2014 11:35 WIB
Pilpres Uruguay Berlangsung Ketat
Pilpres Uruguay Berlangsung Ketat. (Foto; Reuters)

MONTEVIDEO – Pemilihan Presiden (pilpres) sedang berlangsung di Uruguay. Salah seorang kandidat dari partai koalisi, Tabare Vazquez, memimpin sementara perolehan suara dalam pilpres yang berlangsung pada Minggu 26 Oktober 2014.

Meski sedang memimpin, pertarungan perebutan kursi nomor 1 di Uruguay akan berlanjut di babak kedua. Nanti, Vazquez kemungkinan akan berhadapan dengan kandidat partai oposisi, Luis Lacalle Pou.

Hasil poling sementara, Vazquez memperoleh 44-46 persen usara, sedangkan Lacalle Pou mendapat 31-33 persen suara. Demikian seperti diberitakan Reuters,Senin (27/10/2014).

Sementara itu, kandidat lain, Pedro Bordaberry dari Partai Colorado, mendapat 14 persen. Kondisi ini membuat Bordaberry memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Lacalle Pou. Artinya, pilpres putaran kedua pada 30 November akan berlangsung ketat.

Vazquez pertama kali membawa Partai Broad Front berkuasa pada 2005. Kebijakan ekonomi pro-pasar serta kebijakannya yang mengangkat kesejahteraan masyarakat mampu memangkas tingkat kemiskinan. Hal itu yang membuatnya didukung banyak kalangan.

Saat ini, pria 74 tahun itu bersekutu dengan Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang sangat terkenal di negara itu. Namun, masyarakat tidak suka dengan kebijakan Mujica termasuk legalisasi aborsi, pernikahan sesame jenis, dan produksi ganja.

Sedangkan, Lacalle Pou muncul sebagai kandidat kuat setelah kemenangan tak terduga dalam pemilihan partainya. Jika menang, dia berjanji akan melarang penjualan ganja secara legal.

Harvested from: http://news.okezone.com/read/2014/10/27/18/1057333/pilpres-uruguay-berlangsung-ketat
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1