Pesawat Militer AS Jatuh di Washington, Tiga Orang Tewas

Author : Administrator | Wednesday, March 13, 2013 08:50 WIB
Kecelakaan pesawat militer AS di Washington ( REUTERS/Stan Dammel/Handout)

Amerika Serikat - Sebuah pesawat militer milik Angkatan Udara Amerika Serikat jatuh di wilayah timur Washington pada Senin pagi waktu setempat. Tiga orang kru pesawat tewas sebelum sempat meloloskan diri menggunakan parasut.

Menurut kantor berita CBS, pesawat jenis E/A-6B Prowler yang terbang dari pangkalan Angkatan Udara Whidbey ini jatuh sekitar pukul 08.30 pagi. Saksi mata mengatakan, pesawat itu menukik ke tanah sebelum akhirnya menghantam sebuah lahan pertanian.

"Kau masih bisa melihat asap dan puing-puing pesawat di tengah lahan," kata seorang warga lokal, Halee Walter.

Kecelakaan terjadi di daerah pedesaan dekat kota Harrington dan Odessa, sekitar 49 kilometer sebelah barat Spokane. Pada citra udara terlihat bekas kecelakaan seperti kawah hitam di tengah ladang. Pesawat tersebut hancur lebur akibat kerasnya hantaman.

Pesawat Prowler digunakan pada pertempuran untuk mengacaukan radar musuh atau menyabotase transmisi radio. Pesawat ini juga bisa dilengkapi dengan rudal serang.

Menurut laporan Angkatan Laut kepada Kongres, ketiga korban tidak sempat melompat menggunakan parasut. Saat itu, pesawat tengah dalam misi latihan navigasi tingkat bawah. Sebab kecelakaan masih dalam penyelidikan.

Kongres melakukan hening cipta selama semenit usai peristiwa tersebut. "Kecelakaan tragis ini adalah pengingat seberapa berbahayanya pekerjaan yang dilakukan para tentara setiap hari untuk negara kita," kata anggota Kongres Rick Larsen. (umi)

Harvested from: http://dunia.news.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1