Perpecahan di Tubuh Taliban Afganistan?

Author : Administrator | Tuesday, August 04, 2015 09:25 WIB
Jamiat Nazriati Pakistan menyatakan dukungan terhadap almarhum Mullah Omar.

KOMPAS.com - Kelompok Taliban Afganistan mengedarkan gambar rekaman salah satu pertemuan mereka, di tengah spekulasi perpecahan di dalam tubuh mereka menyusul meninggalnya pemimpin mereka, Mullah Omar.

Video itu dinyatakan memperlihatkan ratusan anggota Taliban menyatakan kesetiaan kepada pemimpin baru, Mullah Akhtar Mansour.

Penunjukan Mullah Mansour ini ditolak oleh sejumlah pejabat senior dalam dewan musyawarah Taliban Afganistan.

Keluarga Mullah Omar juga menolak untuk menyatakan kesetiaan kepada penggantinya, Mullah Akhtar Mansour.

Mereka menyerukan kepada para pemuka Taliban untuk menyelesaikan transisi kekuasaan ini.

Mullah Mansour diumumkan sebagai pemimpin baru Taliban hari Jumat (30/7/2015) menyusul berita kematian Mullah Omar yang telah memimpin pergerakan itu selama 20 tahun.

Namun kantor berita AFP melaporkan perpecahan terjadi antara kubu Mansour dengan anak-anak almarhum Mullah Omar, Yakoub dan Mullah Abdul Manan.

"Keluarga kami...belum menyatakan kesetiaan kepada siapapun di tengah-tengah perbedaan yang ada," kata Mullah Manan tanpa menyebut nama Mullah Mansour.

Koresponden BBC menyebutkan, video yang diedarkan oleh Taliban ini ditujukan untuk memperlihatkan dukungan yang besar terhadap Mullah Mansour.

Hari Sabtu, Mullah Mansour menyerukan persatuan Taliban lewat pesan suara pertamanya sejak menjadi pemimpin kelompok itu.

Pesannya diarahkan kepada perpecahan antar faksi yang terjadi di tengah perundingan damai dengan pemerintahan Afganistan.


Harvested from: internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1