Perempuan Spanyol Tuntut eBay karena Dilarang Jual Matahari

Author : Administrator | Friday, June 05, 2015 09:15 WIB
ilustrasi. (Foto : Reuters/NASA)
ilustrasi. (Foto : Reuters/NASA)

MADRID - Seorang perempuan asal Spanyol mendapatkan hak untuk membawa perusahaan penjualan online eBay ke pengadilan setelah keinginannya untuk menjual lahan di matahari ditolak.

Sebagaimana dilaporkan Mirror, Jumat (5/6/2015), Maria Angeles Duran yang berhasil memenangkan klaim kepemilikan atas matahari pada 2010 membuat akun eBay untuk menjual lahan di bintang utama tata surya tersebut sebesar 1 Euro (Rp14.990) per meter persegi (m2). Dia berencana untuk membagikan keuntungan yang didapatnya ke seluruh Spanyol, mendonasikan 10 persen untuk mengakhiri kelaparan di dunia, dan menyimpan 10 persen lagi untuk dirinya sendiri.

Lahan di matahari ini mulai dijualnya sedikit demi sedikit sejak 2013, sebagai gantinya, para pembelinya akan diberikan sertifikat kepemilikan. Namun, setelah 600 orang menyatakan berminat dan memesan lahan yang dijualnya, eBay menutup laman penjualan tersebut karena menganggap penjualan itu sebagai penipuan.

Akibatnya, Maria mendapat beban penjualan sebesar 101 Euro (sekira Rp1,5 juta) sedangkan dia tidak dapat mengambil uang hasil penjualan yang dibayarkan ke akunnya oleh para pembeli. Karena hal ini, dia pada 2014 mengajukan tuntutan pelanggaran kontrak kepada eBay dan menuntut kompensasi sebesar 10 ribu Euro (Rp149 juta).

eBay berusaha menyelesaikan masalah ini di luar jalur pengadilan, akan tetapi hakim Pengadilan Madrid akhirnya memutuskan Maria dapat membawa masalah ini ke jalur hukum. Persidangan tuntutan ini dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Juli 2015.

Maria terinspirasi untuk mengajukan klaim atas matahari dari seorang pria asal Amerika Serikat (AS) yang mengajukan klaim atas bulan dan planet-planet lainnya. Dia berpendapat Pakta Luar Angkasa 1967 yang melarang Pemerintah untuk melakukan klaim atas benda-benda langit tidak berlaku untuk kepemilikan individual.

(hmr)

Harvested from: http://news.okezone.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1