Penuhi Janji, PM Bulgaria Boiko Borisov Mengundurkan Diri

Author : Administrator | Monday, November 14, 2016 06:27 WIB

Perdana Menteri Bulgaria Boiko Borisov mengundurkan diri (Foto: Stoyan Nenov/Reuters)

Jurnalis : Wikanto Arungbudoyo
SOFIA – Mantan Komandan Angkatan Udara, Jenderal Rumen Radev, mendulang 58% suara dalam pemilihan umum sela Bulgaria yang dilangsungkan Minggu 13 November 2016. Pria yang diketahui pro-Rusia itu pun semakin dekat dengan kursi kepresidenan.

Sesuai janji yang pernah dilontarkan, Perdana Menteri (PM) Boiko Borisov mengundurkan diri. Sebab, rekan separtainya Tsetska Tsacheva kalah dalam pemilu sela tersebut. Perempuan berusia 58 tahun ini hanya meraih 36% berdasarkan hitung cepat.

“Kami menerima kehendak warga dan mengucapkan selamat kepada mereka yang telah didukung oleh mayoritas pemilih,” tutur Borisov, seperti dimuat USA Today, Senin (14/11/2016). Pria berusia 57 tahun itu sendiri menjabat sebagai PM Bulgaria sejak 2009.

Rumen Radev adalah pendatang baru di dunia politik. Sementara Tsetska Tsacheva selama ini berkiprah di Partai GERB. Pada pemilu awal pekan lalu, pria berusia 53 tahun tersebut juga unggul dari Tsetska dengan perolehan 25–22%.

Tantangan besar menanti Radev. Sepanjang pemerintahan Boiko Borisov, Bulgaria berhasil mencapai kestabilan politik. Namun, kegagalan memberantas korupsi serta lambatnya reformasi birokrasi menggerus kepercayaan warga terhadap Boiko dan koalisi bentukan Partai GERB.

Harvested from: http://news.okezone.com/read/2016/11/14/18/1540620/penuhi-janji-pm-bulgaria-boiko-borisov-mengundurkan-diri
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1