Pengepungan ISIS atas Bandara Dekat Aleppo Berakhir

Author : Administrator | Wednesday, November 11, 2015 11:20 WIB
Milisi propemerintah Suriah ikut membantu upaya mengakhiri pengepungan atas pangkalan udara Kweyris.

 

ALEPPO, KOMPAS.com - Pasukan pemerintah Suriah berhasil mengakhiri pengepungan kelompok militan Negara Islam atau ISIS atas sebuah pangkalan udara di sebelah timur Aleppo, Suriah utara.

Kantor berita pemerintah Suriah, Sana, melaporkan tentara sudah melakukan kontak dengan pasukan yang mempertahankan pangkalan udara militer Kweyris selama dua tahun belakangan dan menewaskan sejumlah besar militan ISIS.

Pangkalan tersebut menjadi sasaran serangan para militan Islam selama hampir dua tahun.

Sejumlah pasukan pemerintah di dalam pangkalan berupaya bertahan dari serangan, sementara kelompok milisi pro-pemerintah membantu dengan dukungan serangan udara Rusia.

Serangan yang berhasil atas pangkalan itu dilakukan sepekan setelah tentara Suriah berperang melawan militan ISIS untuk merebut jalan di sebelah tenggara Aleppo dan menguasai kembali satu-satunya rute pasokan ke dalam kota.

Kawasan sekitar Aleppo dilanda perang sengit dalam beberapa pekan belakangan sejalan dengan upaya pasukan pemerintah, yang didukung oleh para pejuang Iran dan Lebanon, dalam melancarkan serangan untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang dikuasai militan Islam.

Dalam insiden terpisah, sedikitnya 22 orang tewas dan sejumlah lainnya cedera akibat tembakan meriam kelompok pemberontak di kota Latakia dan diperkirakan jumlah korban jiwa masih akan bertambah.

Latakia berada di kawasan pendukung kuat Presiden Bashar al-Assad dan selama ini tidak banyak terkena dampak konflik, yang diperkirakan sudah menewaskan lebih dari 250.000 orang.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1