Pemuda Tembak Polisi AS, Keadaan Darurat Diberlakukan di Ferguson

Author : Administrator | Tuesday, August 11, 2015 10:12 WIB
Pemuda Tembak Polisi AS, Keadaan Darurat Diberlakukan di Ferguson
Foto: REUTERS/Rick Wilking

Ferguson - Otoritas St Louis County, Ferguson, Amerika Serikat menyatakan situasi darurat usai penembakan yang mewarnai peringatan setahun terbunuhnya pemuda kulit hitam Michael Brown. Dalam penembakan terbaru ini, seorang pemuda berumur 18 tahun telah ditangkap.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Selasa (11/8/2015), pemimpin eksekutif St Louis County, Stve stenger menyatakan bahwa pihak kepolisian akan mengambil alih situasi dengan memberlakukan 'keadaan darurat' di Ferguson dan beberapa distrik sekitarnya.

"Menanggapi kekerasan semalam dan kerusuhan di kota Ferguson, dan potensi membahayakan publik dan properti setempat, saya menggunakan wewenang saya sebagai pemimpin eksekutif untuk memberlakukan keadaan darurat, dengan segera secara efektif," tegas Stenger.

Pernyataan Stenger ini dikeluarkan setelah kepolisian setempat mendakwa pemuda 18 tahun atas penembakan di Ferguson pada Minggu (9/8) malam waktu setempat. Penembakan terjadi selang sehari setelah unjuk rasa damai memperingati setahun tewasnya Michel Brown oleh polisi Ferguson.

Pemuda 18 tahun bernama Tyronne Harris itu dijerat dakwaan berlapis, mulai dari penyerangan terhadap personel kepolisian, tindak kriminal bersenjata dan penembakan terhadap kendaraan bermotor. Harris sendiri tengah dirawat di rumah sakit setempat, usai terkena tembakan saat diamankan polisi.

Sedangkan di kota St Louis, kepolisian menangkap lebih dari 50 demonstran karena memanjat barikade polisi yang dipasang di sekitar gedung pengadilan federal setempat. Kerusuhan dan penjarahan juga melanda kawasan bisnis Ferguson saat peringatan digelar.

"Saya pikir sangat disayangkan peringatan yang indah berakhir seperti ini. Beberapa orang menerobos masuk ke dalam properti bisnis kami," tutur salah satu pemilik salon yang dijarah, Dellena Jones kepada AFP.
(nvc/ita)

Harvested from: news.detik.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1