PBB distribusikan bahan bakar untuk atasi krisis di Gaza

Author : Administrator | Friday, November 29, 2013 09:25 WIB
Ilustrasi. Anak Palestina menunggu menyeberang ke Mesir, melihat keluar jendela bus di perbatasan Rafah memisahkan Mesir dengan wilayah selatan Jalur Gaza, Selasa (8/10). (REUTERS/Ahmed Zakot)

Gaza, Palestina (ANTARA News) - Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Kamis mulai membagikan bahan bakar di Gaza agar prasarana penting tetap berjalan, di tengah kekhawatiran akan krisis kesehatan tumbuh akibat tumpukan sampah dan limbah, kata pejabat.

"Bahan bakar datang mulai hari ini melalui Kerem Shalom (perlintasan barang dengan Israel), yang dibeli UNRWA dan dibagikan oleh PBB," kata koordinator khusus Timur Tengah badan dunia itu, Robert Serry, pada jumpa pers di Gaza utara.

Pengumuman Serry itu keluar saat wilayah Palestina yang dikelola Hamas mengalami krisis bahan bakar paling parah dalam sejarah, dengan pemadaman listrik sehari-hari hingga 16 jam.

Rumah sakit, sarana air bersih dan kesehatan, tempat usaha dan rumah pribadi terkena dampak akibat krisis tersebut.

Serry menyatakan telah melihat luapan di pembuangan limbah di kota Gaza pada pekan lalu sebagai akibat dari kekurangan bahan bakar.

"Berkat sumbangan Turki, saya dapat memberitahu Anda bahwa tempat itu mendapatkan bahan bakar, yang dibutuhkan untuk terus bekerja," katanya.

Sejak Minggu, Jalur Gaza mengandalkan gerobak keledai untuk membersihkan jalan akibat kekurangan bensin untuk truk sampah.

Pejabat memperingatkan peningkatan gunungan sampah mengancam kesehatan bagi daerah kantong berpenduduk 1,7 juta jiwa itu.

Pada 1 November, otoritas energi Hamas mengumumkan bahwa satu-satunya pembangkit listrik Gaza, yang memasok 30 persen dari kebutuhan listriknya, berhenti bekerja akibat tidak cukup bahan bakar.

Hamas menyatakan pemadaman listrik itu akibat Mesir menghancurkan terowongan lintas batas, yang digunakan untuk membawa diesel, dan menuduh pemerintah Palestina dukungan Barat menaikan harga bahan bakar.

Sejak awal 2011, terowongan penyelundupan itu menjadi jalur utama pasokan bahan bakar ke wilayah tersebut.

Pasokan itu hampir sepenuhnya kering pada musim panas ini setelah tentara Mesir mulai menghancurkan terowongan tersebut sesudah penggulingannya Presiden Mohamed Moursi pada Juli, yang dengan cepat merusak hubungan Hamas dengan Kairo.

Kekurangan bahan bakar memperparah keadaan kemanusiaan di Gaza, yang dikucilkan Israel sejak 2006 sesudah pejuang menculik seorang tentara Israel.

Pengucilan itu diperketat pada 2007 ketika Hamas menguasai Gaza, namun mereda, meskipun pembatasan atas gerakan dan pemasukan bahan bangunan secara berkala diperketat, demikian laporan AFP.

Harvested from: http://www.antaranews.com/berita/407224/pbb-distribusikan-bahan-bakar-untuk-atasi-krisis-di-gaza
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1