Patung Liberty "Dibuka" Kembali

Author : Administrator | Friday, July 05, 2013 10:43 WIB

Wisatawan mengunjungi Patung Liberty di Libery Island, Kota New York, pada hari pertama tempat itu dibuka kembali untuk umum sejak serangan topan Sandy, Kamis (4/7/2013), bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. | Kena Betancur/Getty Images/AFP

 

NEW YORK, KOMPAS.com — Patung Liberty yang terletak di pulau kecil tak jauh dari New York City, hari Kamis (4/7/2013) "dibuka" kembali untuk umum. Salah satu simbol Kota New York dan Amerika Serikat ini ditutup sejak topan super, Sandy, melanda lokasi patung Liberty dan sekitarnya beberapa waktu lalu.

Kantor berita AP hari Kamis melaporkan, pembukaan kembali patung Liberty bersamaan dengan warga Amerika Serikat merayakan peringatan kemerdekaan negara itu, yang ditandai dengan pesta kembang api dan pesta memanggang di seluruh negeri.

Wali Kota New York Michael Bloomberg dan sejumlah pejabat New York meresmikan pembukaan kembali Liberty dengan pengguntingan pita. Kawasan sekitar patung Liberty seluas 5 hektar harus ditutup karena sejumlah kerusakan parah pada jalan setapak dan pelabuhan feri yang membawa para turis dari New York ke sana.

Patung Lady Liberty juga rusak akibat dihantam topan Sandy sehingga perlu diperbaiki. Ruang di bawah patung juga tergenang air. Selain itu, badai juga merusak sistem kelistrikan, pompa air, dan pemanas. Kerugian mencapai 55 juta dollar AS.

Sejumlah pekerja dari Taman Nasional didatangkan, termasuk dari California dan Alaska, selama beberapa pekan untuk membersihkan lumpur dan air di sana. Kini pengunjung bisa kembali ke New York, tetapi akan melewati pemeriksaan yang cukup ketat.

Saat peresmian patung Liberty dan peringatan Hari Kemerdekaan, warga AS juga menikmati pesta kembang api di atas Sungai Hudson sambil menyaksikan penampilan musik dari Faith Hill, Tim McGraw, dan Taylor Swift.

Warga menikmati kontes makan hotdog dari Nathan Original di Brooklyn's Coney Island. Joey "Jaws" Chestnut dalam lomba makan hotdog ini akan berupaya mempertahankan rekor dunia yang dipegangnya selama enam tahun belakangan. Tahun lalu, dia memakan 68 hotdog dalam 10 menit.

 
Editor : Kistyarini
 
Harvested from: http://internasional.kompas.com/read/2013/07/05/0829548/Patung.Liberty.Dibuka.Kembali
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1