Pasutri Australia Buat Situs Berbagi Buah dan Sayur

Author : Administrator | Thursday, August 20, 2015 09:28 WIB
Setiap tahun ada jutaan dolar yang terbuang sia-sia karena buah yang jatuh membusuk ke tanah.

ADELAIDE, KOMPAS.com - Pasangan suami isteri di Adelaide, Australia, membangun situs yang memungkinkan warga setempat di seluruh dunia mencari dan berbagi makanan segar seperti buah dan sayur yang berlebih dan biasanya akan dibuang ke tempat sampah oleh pemiliknya.

Situs ini dirancang dan dioperasikan pasangan suami dan isteri Alistair dan Helena Martin.

"Kami melihat banyak pohon buah dan pohon jeruk di pemukiman kami yang sangat lebat berbuah dan banyak dari buah-buah itu sudah sangat ranum dan umumnya hanya akan jatuh ke tanah dan busuk," kata Martin Alistair.
 
"Padahal Anda juga akan menjumpai  produk buah yang sama di supermarket yang diimpor dari negara bagian lain atau bahkan dari luar negeri.  Kami berpikir perlu ada cara untuk membuat pemilik pohon buah di halaman belakang rumahnya menjadi mudah ditemukan sehingga warga bisa membeli dan mencari produk pangan segar rumahan dan menciptakan semacam pasar urban,"
 
pasangan ini kemudian membangun situs Ripe Near Me yang membantu menghubungkan orang dengan kelebihan buah dan sayur-sayuran di wilayah sekitar mereka sendiri,"
 
Penanam buah atau sayuran dapat menjual hasil tanaman mereka, atau memberikannya secara cuma-cuma dan mereka yang mengingkan buah atau sayuran dapat mencari pemasok lokal melalui peta interaktif di situs itu.
 
Pengguna situs ini juga dapat menggunakan peta online untuk menggambarkan status buah dan sayur mereka seperti "masih mengkal" atau "matang" sehingga orang bisa tahu kapan buah dan sayur yang ditanam siap untuk dibeli.
 
Situs ini juga menghubungkan orang-orang di dunia dengan kebutuhan yang sama.
 
Orang yang ingin mengumpulkan beberapa jenis produk juga dapat berlangganan dan mengikuti situs para petani dan akan  menerima email pemberitahuan ketika buah atau sayuran matang.
 
Martin mengatakan petani dapat berkomunikasi langsung dengan mereka yang ingin produk itu dan bisa mengatur kapan dan di mana barang dapat dikumpulkan.
 
"Ada jutaan dolar buah dan sayuran yang membusuk di halaman belakang," kata Martin.
 
Anda bisa meminta hasil panen buah itu dari  orang lain di lingkungan Anda sendiri hanya dalam beberapa menit.
 
"Sangat masuk akal jika kita bisa mempermudah warga dan penanam buah dan sayuran dapat bertemu di dalam daftar  ini," katanya.
 
Pengguna yang juga produsen buah dan sayur didorong juga untuk memberitahukan lokasi kebun tempat mereka menanam pohon buah dan sayur itu.
 
Satu-satunya item yang dibatasi dalam situs ini adalah mengunggah produk bentuk daging atau produk yang membutuhkan penyembelihan ternak, makanan olahan dan tanaman hasil curian.
 
Martin mengatakan dia berharap dapat membuat aplikasi situs ini di smartphone untuk meningkatkan jumlah akuntabilitas.
 
pengguna bebas mendaftar dan menggunakan situs  Ripe Near Me dan menurut Martin ini merupakan cara sempurna bagi petani untuk membuang kelebihan pasokan produk segar seperti buah- buahan dan sayuran mereka tanpa  pemborosan.
 
Petani yang tercatat mendaftar dan menggunakan situs ini berasal dari seluruh Australia, Selandia Baru, Eropa dan Amerika Serikat dan ada juga yang terdaftar di Tunisia dan Hawaii.
 
"Semakin banyak orang yang bergabung ke situs ini akan semakin baik hasil yang kita dapat," tegasnya.

Harvested from: internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1