Obama Usulkan Kenaikan Anggaran Keamanan Cyber 35 Persen

Author : Administrator | Wednesday, February 10, 2016 09:59 WIB
Presiden Barack Obama akan menyampaikan pidato melalui televisi kepada rakyat AS Minggu (6/12/2015).

 

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengusulkan kenaikan anggaran keamanan dunia maya (cyber) sekitar 35 persen menjadi 19 miliar dolar AS pada tahun fiskal 2017, demikian sejumlah pejabat senior pemerintahan setempat mengungkapkan.

Permintaan tersebut muncul di tengah kesulitan pemerintahan Obama dalam menghadapi ancaman yang terus meningkat dari para peretas maupun negara-negara lain di dunia digital.

Usulan kenaikan yang akan dibuka untuk publik pada Selasa tersebut mencapai lebih dari sepertiga dari anggaran sebesar 14 miliar dolar AS pada tahun sebelumnya. Jika Kongres menyetujui, AS akan memodernisasi teknologi di sejumlah badan federal dengan nilai 3,1 miliar dolar AS.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah Kongres yang dikuasai Partai Republik akan menyetujui permintaan Obama tersebut.

Permintaan peningkatan itu merupakan isyarat terbaru dari Gedung Putih yang ingin menjadikan keamanan di dunia maya sebagai prioritas utama dalam tahun kepresidenan terakhir Obama.

Sebelumnya, rangkaian serangan peretas sering kali berhasil menembus pertahanan sejumlah badan pemerintah dan juga perusahaan besar seperti Sony Pictures. Pihak pemerintah dinilai masih belum menemukan cara terbaik untuk mengatasi ancaman di dunia maya tersebut.

Kesulitan itu menjadi nyata pada tahun lalu saat peretas berhasil memperoleh data sensitif dari badan pemerintahan Office of Personnel Management yang mengelola 22 juta pegawai negeri di Amerika Serikat.

Pada Selasa, Gedung Putih juga akan mengumumkan rencana komisi presidensial untuk keamanan dunia maya. Komisi itu bertugas menyampaikan rekomendasi bagaimana memperkuat pertahanan digital dalam 10 tahun mendatang.

Pada bulan lalu, badan pengawas pemerintah mengatakan bahwa sistem pertahanan dunia maya di Amerika Serikat, yang dikenal dengan nama "Einstein", tidak ifektif dalam memerangi peretas.

"Sebagus apapun kami, kami tidak akan pernah berhasil menghentikan peretas 100 persen," kata Michael Daniel, asisten khusus presiden dan koordinator keamanan dunia maya, kepada para wartawan sebelum mengungkapkan rencana anggaran pemerintah.

Obama juga akan menandatangani perintah eksekutif untuk membentuk Dewan Privasi Federal, sebuah lembaga koordinasi untuk yang bertugas mengembangkan buku acuan komprehensif mengenai pengumpulan dan penyimpanan data pribadi warga.

Selain itu, usulan anggaran pemerintah akan mengalokasikan dana sebesar 62 juta dolar AS untuk mempekerjakan pakar dunia maya bagi pemerintah, demikian Reuters melaporkan.
 

 


Harvested from: http://internasional.kompas.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1