Misteri MH370: Harapan Itu Datang dari Samudera Hindia

Author : Administrator | Friday, March 21, 2014 10:02 WIB

Kuala Lumpur - Usaha pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 kembali menemui sedikit pencerahan. Secercah harapan yang berasal dari Samudera Hindia.

Adalah Perdana Menteri (PM) Australia, Tony Abbott yang memberikan setidaknya kabar baik ini. Satelit berhasil mendeteksi benda-benda yang diduga kuat berkaitan dengan apa yang dicari selama ini.

"Menyusul analisis para ahli atas gambar satelit ini, dua benda yang diduga terkait dengan pencarian telah teridentifikasi," ucap Abbott, Kamis (20/3) kemarin.

Benda tersebut ditemukan di sebelah barat daya Perth. Jaraknya 2.260 kilometer dari daratan Australia. Salah satu benda yang terlihat di kawasan selatan Samudera Hindia itu panjangnya mencapai 24 meter. Obyek lainnya berukuran lebih kecil.

Sayangnya hamparan laut dalam di area tersebut sangat bergejolak hingga dijuluki 'Roaring Forties'. Perairan ini memang masuk kategori berbahaya. Julukan itu diberikan karena gelombang laut yang sangat besar dan angin kencang yang menyelimuti wilayah antara Lintang 40 derajat dan 50 derajat tersebut.

Sialnya lagi, foto yang dijepret satelit itu ternyata sudah lima hari lalu, tepatnya Minggu (16/3) lalu. Bisa dibayangkan, benda tersebut mungkin saja sudah terseret cukup jauh dari lokasi penemuan di titik 44:02:02S, 091:13:27E. Mengingat derasnya arus laut dan lamanya waktu verifikasi.

Namun meski hambatan menghadang, toh banyak negara tetap fokuskan pencarian pada area ini. Berbagai armada, laut dan udara, sudah dikerahkan untuk bisa menjawab misteri keberadaan MH370 ini.

Pemerintah Malaysia juga merasa lega dengan adanya informasi ini karena memicu harapan. Meski meminta jangan banyak berharap, informasi terbaru lokasi yang diduga benda MH340 ini bisa menjadi titik terang.

"Setiap petunjuk adalah harapan," kata Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Malaysia Hishamuddin Hussein.

Harvested from: http://news.detik.com/read/2014/03/21/083958/2532409/1148/misteri-mh370-harapan-itu-datang-dari-samudera-hindia?ntprofil
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1