Militer Ukraina Serang Daerah Pemberontak

Author : Administrator | Monday, August 11, 2014 14:24 WIB
Kerusuhan di Ukraina. (foto: Reuters)
Kerusuhan di Ukraina. (foto: Reuters)

DONETSK – Pemerintah Ukraina terus berusaha untuk membasmi separatis pro-Rusia di wilayah timur. Tentara Ukraina terus melakukan pemboman di daerah tersebut.
 
Ya, tentara Ukraina terus melancarkan serangan melalui artileri dan mengirimkan pasukan lewat darat. Tak heran, korban tewas tidak hanya datang dari separatis pro-Rusia tapi juga masyarakat sipil.
 
Hal ini juga diperkuat penolakan kepemimpinan Ukraina tentang gencatan senjata atas dasar kemanusiaan yang ditawarkan pada Sabtu kemarin, oleh kepala kelompok separatis pro-Rusia utama, Republik Rakyat Donetsk. Pemimpin separatis pro-Rusia, Minggu kemarin, mengatakan gencatan senjata hanya ditawarkan untuk mengevakuasi warga sipil lewat jalur hijau yang sudah ditentukan.
 
Namun, menurut pengamat, penolakan tawaran dari separatis itu membuat khawatir, karena Rusia akan ikut campur dengan pihak berwenang di Moskow. Tapi, Negara Eropa dan Amerika Serikat beranggapan itu bagian dari strategi invasi. Menteri Luar Negeri AS, John Kerry memperingatkan kepada Rusia untuk tidak ikut campur dengan dalih memberikan bala bantuan.
 
Pada Minggu kemarin, artileri Ukraina meyerang tiga Kabupaten Donetsk, menghancurkan pos pemeriksaan pemberontak hingga mengeluarkan asap. Sayang, serangan tersebut juga meluluh-lantahkan beberapa rumah, apartemen, dan juga sebuah ruang bersalin di rumah sakit. Sedikitnya, serangan itu telah membunuh satu warga sipil.
 
Korban sipil itu bernama Roma Pronyakin, 37, sedang berada di rumah dengan ibunya, sambil menonton telivisi ketika ruang tamu mereka dihantam sebuah bom. Serangan itu membuat ibunya, Alla, kaget. “Saya memiliki seorang anak dan sekarang saya kehilangan dia,” kata Alla.
 
Militer Ukraina mengatakan telah terjadi 30 kali tembak-menembak dengan separatis pro-Rusia dalam 24 jam terakhir.
 
“Para teroris yang masih aktif di Donetsk dan Luhansk harus meletakan senjata mereka tidak membawa percakapan kosong tentang gencatan senjata,” ujar juru bicara Militer Ukraina di Kiev, Anatoly Lysenko, diberitakan Tampa Bay Times, Senin (11/8/2014). (rhs)

Harvested from: http://international.okezone.com/read/2014/08/11/414/1022685/militer-ukraina-serang-daerah-pemberontak
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1