Mesir Bergejolak, WNI Dievakuasi dari Alexandria

Author : Administrator | Monday, August 19, 2013 09:31 WIB

Pendukung Mursi di Istanbul, Turki, berunjuk rasa menentang kekerasan di Mesir.

Pendukung Mursi di Istanbul, Turki, berunjuk rasa menentang kekerasan di Mesir.

 

VIVAnews – Pemerintah Indonesia menyiapkan skenario pengamanan untuk warganya di Mesir. Sampai saat ini seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di Mesir yang berjumlah sekitar 300 orang dalam keadaan aman. Belum ada yang menjadi korban dalam pertumpahan darah di Mesir.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Tatang Razak, mengatakan ratusan WNI di Mesir yang mayoritas terdiri dari mahasiswa, selamat karena patuh dengan instruksi Duta Besar Indonesia di Mesir.

“Sejak awal konflik muncul, kami selalu mengimbau mereka untuk menghindari konsentrasi massa,” kata dia di Jakarta, Minggu 18 Agustus 2013.

Tatang mengatakan, saat ini situasi di Mesir masih siaga tiga. “Artinya masih bisa dikelola. Kami hanya memindahkan beberapa WNI yang betul-betul dalam keadaan tak aman, ke tempat aman. Misalnya puluhan mahasiswa dari Alexandria kami pindah ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Menurut Tatang, situasi politik dan keamanan di Mesir saat ini berbeda dengan revolusi pada tahun 2011 di negara itu yang berujung pada penggulingan Presiden Hosni Mubarak dari tampuk kekuasaan. Pada revolusi 2011, tidak ada petugas keamanan di lapangan sehingga logistik pun sulit.

“Kalau sekarang kan logistik masih terkendali. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mesir juga membuka posko dan hotline komunikasi khusus dengan WNI di sana,” kata Tatang.

Hingga saat ini saat ini pemerintah RI belum berencana menarik Duta Besar Indonesia di Mesir. Tatang mengatakan, Dubes justru dibutuhkan pada saat genting seperti ini untuk melindungi WNI di Mesir. “Jadi masih belum perlu menarik duta besar kita,” ujar Tatang.

Kemlu mengimbau kepada WNI yang ingin pergi ke Mesir untuk menunda kunjungannya karena situasi di negara itu yang tidak kondusif. Berdasarkan laporan KBRI di Mesir, masih ada travel atau biro perjalanan yang memberangkatkan WNI ke Mesir.

“Situasi di Mesir tidak dapat diprediksi. Apalagi gejolak politik masih muncul terus. Jadi ditunda saja kalau mau ke sana,” kata Tatang.

 

 

Harvested from: dunia.news.viva.co.id/news/read/437212-mesir-bergejolak--wni-dievakuasi-dari-alexandria
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1