Ledakan di Xinjiang, 31 Orang Tewas

Author : Administrator | Thursday, May 22, 2014 14:02 WIB
Aparat keamanan bersiaga setelah ledakan terjadi di pasar Urumqi.

 

URUMQI, KOMPAS.COM — Sebuah ledakan menewaskan sedikitnya 31 orang dan mencederai 94 lainnya setelah beberapa orang melemparkan bom molotov dan menabrakkan dua mobil ke sebuah pasar di ibu kota Xinjiang, Urumqi.

Sebagaimana diberitakan kantor berita Xinhua, salah satu kendaraan meledak dalam serangan yang terjadi pada Kamis (23/5/2014) pagi.

Foto-foto saksi mata yang disebarkan melalui situs jejaring sosial China, Weibo, menunjukkan serangan terjadi tatkala pasar dipadati pengunjung.

"Saksi mata menyebutkan dua kendaraan berjalan dari utara ke selatan dan kemudian menabrak orang yang berada di pasar pada pukul 07.50 waktu setempat. Bahan peledak dilemparkan dari kendaraan," lapor Xinhua.

Insiden itu merupakan peristiwa kekerasan terkini di Xinjiang yang dihuni oleh etnik Uighur.

Bulan lalu, sebuah serangan bom terjadi di Stasiun Urumqi yang menewaskan tiga orang dan puluhan orang terluka. China menuduh kelompok separatis Uighur berada di balik serangan tersebut.

Pemerintah China mengontrol dengan ketat penyebaran informasi berkaitan insiden di wilayah tersebut, yang dilanda ketegangan antara etnik Uighur dan Han China.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/read/2014/05/22/1321292/Ledakan.di.Xinjiang.31.Orang.Tewas
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1