Korut dan Korsel Adakan Reuni Keluarga yang Terpisah sejak 1950

Author : Administrator | Wednesday, February 12, 2014 09:34 WIB
Reuters/vg

 

Metrotvnews.com, Seoul: Para pejabat Korea Selatan, Rabu (11/2), diketahui telah bertolak dari Seoul untuk menghadiri pembicaraan tingkat tertinggi yang pertama kalinya dengan Korea Utara. Ini menandai awal dari potensi kemajuan
dalam kerja sama antara kedua pihak yang berseteru itu.

Materi pembicaraan yang akan digelar di Panmunjom itu masih dirahasiakan. Namun, diketahui, salah satunya adalah mengadakan reuni bagi anggota keluarga yang terpisah sejak Perang Korea 1950-1953, kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Reuni ini direncanakan digelar selama lima hari mulai 20 Februari mendatang ini semula ditentang Korea Utara. Korut menentang adanya latihan militer antara Korea Selatan dan AS. Namun kini, para pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah meminta pertemuan di Panmunjom yang akan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama sejak Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye berkuasa setahun lalu.

Selain reuni keluarga, para pengamat mengatakan Korut tampaknya akan mengembalikan tur reguler Korea Selatan ke Gunung Kumgang. Korea Selatan menghentikan wisata itu setelah seorang turis ditembak dan dibunuh tentara Korea Utara pada 2008. 

Adapun keberhasilan acara reuni keluarga nanti akan menjadi kunci bagi Seoul untuk mempertimbangkan dimulainya tur itu lagi. "Jika langkah pertama berjalan dengan baik, hal itu dapat berlanjut ke tingkat berikutnya, memperluas ruang lingkup kerja sama antar-Korea yang lebih cepat,"  kata Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-Jae.  (Antara)

Harvested from: www.metrotvnews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1