Kongres Nasional China Bahas Ekonomi dan Korupsi

Author : Administrator | Tuesday, March 05, 2013 15:59 WIB
Delegasi militer menuju Balai Agung Rakyat di Beijing, China (REUTERS/Carlos Barria)

China - Perdana Menteri Wen Jiabao membuka sidang parlemen tahunan China atau Kongres Nasional Rakyat China (NPC) pada Selasa, 5 Maret 2013. Dalam pidatonya, Wen menjanjikan pertumbuhan ekonomi yang stabil, pemberantasan korupsi dan kesejahteraan rakyat yang lebih baik.

Diberitakan BBC, di depan ribuan anggota parlemen dan delegasi provinsi di Balai Agung Rakyat, Beijing, Wen membacakan laporannya. Dia mengatakan, target pemerintah tahun ini adalah pertumbuhan ekonomi 7,5 persen dan inflasi 3,5 persen. Dia juga menjanjikan tersedianya lapangan kerja baru bagi lebih dari sembilan juta orang.

"Kita harus memastikan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menentukan titik mulai dan target dari seluruh pekerjaan pemerintah. Berikan prioritas penuh pada program-program, dan berjuang demi memperkuat perkembangan sosial," kata Wen.

Untuk memberantas korupsi, Wen mengatakan perlunya diperkuat integritas politik dan pengawasan lebih ketat pada pemegang tampuk kekuasaan. "Kita harus memastikan bahwa kekuasaan pembuat kebijakan, implementasi dan pengawasan dapat memperkuat satu sama lain," kata dia.

Sekitar 3.000 delegasi menghadiri NPC, termasuk di antaranya adalah anggota militer, biksu, dan perwakilan etnis minoritas dan pebisnis terkemuka. Sebagian besar yang hadir adalah anggota Partai Komunis China.

Dalam kongres yang akan berlangsung selama dua minggu ini, akan diratifikasi beberapa keputusan yang sebelumnya telah disepakati partai dalam pertemuan tertutup. Juga akan dibahas rencana restrukturisasi departemen di pemerintahan serta mengamandemen kebijakan kemiliteran.

Di akhir kongres, akan dilakukan serah terima jabatan presiden dan perdana menteri. Ketua Partai Komunis China Xi Jinping akan diangkat menjadi presiden menggantikan Hu Jintao. Sementara posisi perdana menteri akan ditempati oleh Li Keqiang yang menjabat wakil ketua partai.

Harvested from: http://dunia.news.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1