Kondisi Kesehatan Mandela Tunjukkan Kemajuan

Author : Administrator | Thursday, June 13, 2013 12:08 WIB

Nelson Mandela

 

VIVAnews - Setelah empat hari dirawat di RS Medclinic Heart di Pretoria, kondisi kesehatan Nelson Mandela mulai menunjukkan perbaikan. Hal itu disampaikan Presiden Afrika Selatan (Afsel), Jacob Zuma, saat memberikan kata sambutan di hadapan anggota parlemen pada Rabu kemarin di Cape Town. 
 
Kantor berita BBC, Kamis 13 Juni 2013, melansir Zuma pun mengaku senang dengan perkembangan kondisi kesehatan pria berusia 94 tahun tersebut usai melewati beberapa hari yang sulit. Sebelumnya pemerintahan Zuma sempat khawatir terhadap kondisi kesehatan Mandela, karena setelah dirawat di RS, kondisinya tak juga mengalami perbaikan.
 
Dalam kesempatan itu Zuma mengatakan bahwa hari Rabu kemarin merupakan perayaan 49 tahun Mandela divonis hukuman penjara seumur hidup di bawah rezim apartheid. 
 
"Negara kami kini sudah jauh lebih baik untuk dihuni dibandingkan sebelumnya di tahun 1994. Walaupun kami tetap memiliki banyak hal yang masih harus dikerjakan," ujar Zuma. 
 
Masih menurut Zuma, atas semua perhatian yang ditunjukkan oleh dunia bagi ikon Afsel tersebut, dia mengaku bangga menyebutnya sebagai putra dari negeri itu.  
 
"Kami juga meminta kepada publik Afsel dan komunitas internasional untuk terus berdoa bagi Presiden Mandela dan tim medis yang kini tengah berjuang," kata Zuma.
 
Saat ini Mandela masih terus dirawat secara intensif di RS. Pada Rabu kemarin, isteri Mandela, Graca Machel diteman putri dan dua cucunya datang berkunjung ke RS menjenguk Mandela. 
 
Sebelumnya pada hari Selasa, mantan isteri Mandela, Winnie Madikizela-Mandela dan kerabat lainnya, juga ikut menjenguk mantan suaminya itu. Dalam kesempatan itu, pihak perwakilan keluarga merilis pernyataan yang mengaku  tersentuh dengan semua dukungan terhadap kesehatan Mandela.
 
"Pihak keluarga tersentuh melihat pesan dukungan yang begitu berlimpah dari publik," tulis perwakilan keluarga dalam sebuah pernyataan. 
 
Mandela dilarikan ke RS pada Sabtu dini hari pekan lalu karena penyakit infeksi paru-parunya kambuh. Sebelum dirawat di RS, Mandela telah berjuang melawan penyakitnya itu saat berada di rumahnya di Johannesburg. 
 
Mantan Presiden Afsel periode 1994-1999 itu mulai menderita sakit saat berada di balik jeruji besi selama 27 tahun dan melakukan kerja paksa tambang. Dia juga sempat terserang TBC di tahun 1980an saat ditahan di Pulau Robben. 
 

Mandela mulai jarang muncul di hadapan publik sejak menyatakan pensiun dari dunia politik di tahun 2004. Dia muncul kali terakhir saat Afsel menjadi tuan rumah piala dunia di tahun 2010 silam. (eh)

 

 

sumber : vivanews

Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1