Kerusuhan di Port Said, 4 Tewas

Author : Administrator | Monday, March 04, 2013 18:54 WIB
Suasana kerusuhan kota Port Said, Mesir

KAIRO - Empat orang termasuk dua orang polisi tewas dalam bentrokan yang terjadi sepanjang Minggu malam antara pengunjuk rasa dan polisi di kota Port Said, Mesir. Demikian Kementerian Dalam Negeri menjelaskan, Senin (4/3/2013).

Selain empat orang tewas, sebanyak 420 orang lainnya dalam kerusuhan yang pecah setelah pemerintah memutuskan untuk memindahkan para tahanan terkait kerusuhan sepak bola tahun lalu.

"Dua polisi yang tewas akibat tembakan di belakang kepala mereka," demikian Kemendagri Mesir.

Seorang petinggi keamanan mengatakan, awalnya para pengunjuk rasa melemparkan bom molotov dan batu ke arah sebuah kantor polisi di Port Said, yang lumpuh akibat pemogokan massal yang sudah memasuki pekan ketiga. Akibat serangan itu, polisi membalas dengan tembakan gas air mata.

Pemindahan para terdakwa kasus kerusuhan sepak bola Februari 2012 itu dilakukan demi menghindari  kerusuhan. Pengadilan dijadwalkan membacakan putusan pada Sabtu (9/3/2013).Pembacaan putusan itu adalah untuk 39 terdakwa kasus kerusuhan sepak bola yang menewaskan 40 orang.

Penduduk Port Said dan kota-kota lain di dekat Terusan Suez menuding pemerintah Kairo memarjinalkan mereka.

Kerusuhan sepak bola tahun lalu menewaskan 74 orang, sebagian besar adalah pendukung tim dari Kairo yang datang bertandang. Insiden itu, menurut penduduk setempat, menambah keterisolasioan Port Said.

Harvested from: http://internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1