Jika Sudah Merdeka, Skotlandia akan Lebih Kaya dari Inggris

Author : Administrator | Friday, August 29, 2014 09:31 WIB
Petani di Skotlandia
Petani di Skotlandia

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURGH-- Skotlandia dipercaya akan jauh lebih kaya jika menjadi merdeka. Menteri Pertama Skotlandia Alex Salmond mengatakan gross domestik produk (PDB) Skotlandia akan melampaui Inggris dan beberapa negara maju lainnya.

Dari sisi PDB per kapita, Salmond menegaskan Skotlandia memiliki raihan jauh lebih tinggi lagi, yakni mencapai 45 ribu dolar AS per tahun. Sementara Inggris saja masih berkutat pada angka 30 ribu dolar AS per tahun.

"Ini yang membuat Skotlandia menjadi salah satu negara terkaya di dunia," kata Salmond yang gencar kampanye kemerdekaan Skotlandia dari Inggris, Kamis (28/10).

Rakyat Skotlandia pun akan jauh lebih makmur dengan kekayaan dan kesempatan ekonomi yang lebih besar dengan merdeka. Menurut Salmond, Skotlandia memiliki modal ekonomi besar dan kuat untuk terus tumbuh sebagai negara besar, baik dari sisi ekonomi maupun politik.

Dengan kekayaan itu, Salmond menjelaskan rakyat Skotlandia akan menerima sedikitnya 1.000 poundsterling per tahun dari pemerintah. Uang sebanyak itu, kata dia, tidak bisa diberikan Inggris Raya. PDB Skotlandia tercatat sebesar 250 miliar dolar AS yang ditopang dari industri berat, galangan kapal, elektronik, wiski, hingga eksplorasi minyak dan gas di Laut Utara. Penduduk Skotlandia hanya 5,3 juta jiwa sementara pendapatan negeri itu begitu tinggi.

Harvested from: http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/14/08/29/nb1qj1-jika-sudah-merdeka-skotlandia-akan-lebih-kaya-dari-inggris
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1