Jerman Kecam Kontes Kartun Holocaust di Iran

Author : Administrator | Thursday, May 19, 2016 10:41 WIB
ATTA KENARE/AFP/Getty ImagesWanita warga Iran sedang menikmati karya kartun dalam eksibisi international Holocaust II di Teheran

 

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman mengecam kontes kartun di Teheran, Iran yang menggambarkan tentang tragedi Holocaust.

Jerman memandang kontes tersebut hanya menabur kebencian dan memperdalam perpecahan di Timur Tengah.

Holocaust atau yang juga dikenal dengan sebutan the Shoah, adalah peristiwa genosida yang dilakukan Pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler, yang membunuh sekitar enam juta warga Yahudi.

Seperti diberitakan Associated Press, acara di Iran itu diprakarsai oleh sebuah organisasi non-pemerintah yang didukung oleh kelompok garis keras di Iran.

Dalam sebuah kontes serupa di tahun 2006, Presiden Mahmoud Ahmadinejad memberikan sokongannya. Dia pun menyebutholocaust hanya sebatas mitos.

Terkait kontes yang berlangsung di Iran ini, Jurubicara Kementerian Luar Negeri Jerman Martin Schaefer, Rabu (18/5/2016), menyebutkan, pembunuhan enam juta warga Yahudi itu membuat Jerman menanggung rasa bersalah dan harus bertanggung jawab.

Schaefer mengungkapkan, Menlu Frank-Walter Steinmeier sudah membuat penjelasan dalam kunjungannya ke Teheran, Februari silam.

Menurut Menlu, peristiwa itu adalah kejadian yang sangat disesali dan semua pihak harus beranjak ke masa depan.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel pun melontarkan kecaman serupa atas kontes ini. 

Editor : Glori K. Wadrianto
 
Harvested from: http://internasional.kompas.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1