Jepang hadang pesawat China

Author : Administrator | Wednesday, January 08, 2014 08:41 WIB
 

Tokyo (ANTARA News) - Jepang menerbangkan jet-jet tempur pada Selasa untuk menghadang satu pesawat China yang terbang menuju pulau-pulau yang dipersengketakan kedua negara itu di Laut China Timur, kata Kementerian Pertanahan Jepang.

Ini merupakan insiden pertama yang diumumkan oleh kementerian itu sejak China memberlakukan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pada November tahun lalu, yang menyulut ketegangan di kawasan itu.

Pesawat berbaling-baling Y-12 milik China terbang ke ADIZ Jepang sekitar 160 kilometer dari wilayah udara sekitar kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang, kata kementerian itu. China mengklaim kepulauan itu yang disebutnya Diaoyus miliknya.

Pesawat China itu kembali ke pangkalannya tanpa memasuki wilayah udara yang diperebutkan setelah pesawat-pesawat Jepang mengudara, kata seorang pejabat di kementerian itu, tanpa memberi rincian lebih jauh.

ADIZ yang diberlakukan China juga mencakup kepulauan tersebut.

Insiden itu terjadi di tengah-tengah percekcokan diplomatik antara Jepang dan China.

Kapal-kapal perang dan pesawat tempur pemerintah China terlihat di luar kepulauan itu beberapa kali sejak Jepang menasionalisasikan pada September 2012.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida bertolak menuju Spanyol dan Prancis pada Selasa, tempat dia diharapkan mampu menekan masalah antara Tokyo dan China.

Dalam pesan pada halaman Facebook milik Kementerian Luar Negeri, Menlu Kishida menyebut lawatannya ini merupakan yang pertama pada tahun yang baru.

"Saya akan melanjutkan lawatan ke negara-negara lain pada tahun ini, melindungi kepentingan nasional dan menekankan diplomasi untuk mencapai perdamaian dan stabilitas dunia," kata dia.

Perjalanan tersebut dilakukan pada saat hubungan Jepang semakin pahit dengan China, dengan tuduhan Beijing bahwa pimpinan nasionalis, Perdana Menteri Shinzo Abe menutupi kesalahan masa lalu kekaisaran Jepang dengan mengunjungi tempat bersejarah yang kontroversial guna menghormati leluhur yang dinilai sebagai penjahat perang.

Ziarah Abe ke kuil Yasukuni pada 26 Desember lalu terjadi di tengah puncak ketegangan selama setahun mengenai sengketa wilayah kedaulatan atas kepulauan di Laut China Timur, yang oleh para pengamat diperingatkan bisa memicu konflik bersenjata di kawasan itu.

Para pengamat mengatakan Tokyo akan mencari dukungan ke Eropa dan belahan dunia yang lain dan acapkali mencurigai latar belakang China yang menuduh kebangkitan kembali militer Jepang.

Selama kunjungannya, Kishida akan menjelaskan masalah pembentukan Dewan Keamanan Nasional ala Amerika Serikat pada Desember yang membuat Jepang menjadi proaktif penyumbang perdamaian, menurut Kemenlu.

Kishida akan tiba di Madrid pada Selasa petang untuk bertemu timpalannya di Spanyol, Jose Manuel Garcia-Margallo sebelum memberikan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Mariano Rajoy dan Raja Juan Carlos I pada Rabu.

Ia akan beralih ke Prancis untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Laurent Fabius pada Rabu petang, demikian AFP.

Harvested from: www.antaranews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1