Israel Tolak Usul AS

Author : Administrator | Monday, January 06, 2014 08:56 WIB
John Kerry (kiri) dan Benjamin Netanyahu--REUTERS/Brendan Smialowski/bb

 

Metrotvnews.com, Yerusalem: Israel menolak mentah-mentah usulan Amerika Serikat mengenai konsesi keamanan untuk mengurangi ketegangan di Timur Tengah.

Hal ini terkait dengan pertemuan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Senin (6/1). Pertemuan itu membahas kejelasan keamanan di kawasan Lembah Yordan yang juga terkait dengan konflik Palestina dengan Israel.

Sejak Jumat (4/1), John Kerry melakukan rangkaian kunjungan di Timur Tengah untuk memabahas masalah keamanan. AS menjelaskan negosiasi ini akan berkaitan dengan kejelasan batas antara Israel dengan Palestina serta Yerusalem yang sama-sama diklaim sebagai ibukota kedua negara. Selain itu pertemuan juga membahas nasib pengungsi dari Palestina, kondisi keamanan kawasan, dan pengakuan Palestina sebagai negara.

"Keamanan dikawasan ini harus kami (Israel) yang tangani. Pihak manapun yang mengusulkan solusi terkait Lembah Yordan dengan menurunkan pasukan keamanan internasional, polisi Palestina ataupun teknologi dalam bentuk apapun, tidak memiliki pemahaman tentang Timur Tengah," ujar Menteri Luar Negeri Israel, Yuval Steinitz kepada radio lokal.

AS mengusulkan pasukan gabungan Palestina dan Israel untuk mengamankan wilayah Lembah Yordan. Pihak Palestina juga sempat mengusulkan agar pasukan Internasional mengamankan wilayah itu hingga pembicaraan mencapai kata sepakat. Namun pihak Israel menolak hal itu dan bersikeras untuk tetap menurunkan pasukannya. (AFP)

Harvested from: www.metrotvnews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1