Historipedia: Peristiwa Bom Bali, Bencana Bagi Indonesia

Author : Administrator | Wednesday, October 12, 2016 07:03 WIB

Bom Bali I adalah bencan bagi Indonesia (Foto: Istimewa)

Ledakan bom di Pantai Kuta, Bali pada 11 Oktober 2002 menimbulkan perhatian dunia internasional. Tiga rangkaian bom yang terjadi pada malam hari itu mengakibatkan 202 orang meninggal dunia dan ratusan orang lainnya mengalami luka.

Dua ledakan pertama terjadi di Paddy’s Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali. Sedangkan ledakan ketiga terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan laporan Tim Investasi Gabungan Polri dan kepolisian luar negeri disimpulkan bahwa bom yang digunakan berjenis TNT. Bom besar yang meledak di luar Sari Club memiliki berat sekira 1.200 kilogram. Demikian sebagaimana dilansir History, Rabu (12/10/2016).

Selain puluhan orang tewas, bangunan kelab seperti jendela dan lantai hancur dan darah bercucuran di mana-mana. Kejadian ini ikut mencoreng wajah Indonesia di mata dunia. Indonesia dipersepsikan sebagai sarang dan tempat pergerakan para teroris. Bahkan, Presiden Megawati Soekarno Putri turun tangan langsung menyelesaikan kasus ini. Pada saat itu, ia meminta kepada pihak keamanan untuk menuntaskan kasus ini paling lambat akhir tahun.

Pemerintah Australia bahkan terus mendesak dan memprotes Indonesia. Sebab, sebagian besar korban tewas adalah warga Australia yang tengah mengadakan liburan di Pantai Kuta. Dua bom lainnya juga meledak pada hari yang sama. Satu bom yang dikemas dalam tas ransel meledak dalam sebuah bar.

(FIK)

Harvested from: http://news.okezone.com/read/2016/10/11/18/1512180/historipedia-peristiwa-bom-bali-bencana-bagi-indonesia
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1