Hampir 1.000 Tewas karena Konflik di Ukraina Timur

Author : Administrator | Friday, November 21, 2014 11:34 WIB
Seorang anggota milisi separatis pro-Rusia sedang beristirahat di atas sebuah tank T-64 dia Starobesheve, sebelah tenggara kota Donetsk saat mempersiapkan sebuah serangan baru terhadap sebuah lokasi penting di pesisir timur Ukraina, Minggu (31/8/2014).

KOMPAS.com - Sekitar 13 orang tewas setiap hari di Ukraina timur sejak gencatan senjata 5 September berlaku, kata komisaris hak asasi manusia PBB.

Dalam delapan minggu sejak gencatan senjata rapuh diterapkan, PBB mengatakan 957 orang terbunuh sementara kedua pihak terus melakukan pelanggaran.

Laporan PBB menyebutkan kegagalan total hukum dan keteraturan di daerah Donetsk dan Luhansk yang dikuasai pemberontak.

Dokumen ini juga menggarisbawahi dugaan kuat pelanggaran yang dilakukan pasukan pemerintah.

Konflik terjadi di Ukraina timur April lalu ketika pemerintah di Kiev meluncurkan operasi menguasai kembali daerah yang direnggut pemberontak pendukung Rusia.

Kelompok separatis menguasai gedung pemerintah, setelah Rusia bereaksi terhadap langkah yang sama oleh pemberontak di Krimea dengan menganeksasi semenanjung.

Sebagai bagian dari gencatan senjata yang ditandatangani di ibu kota Belarusia, Minsk, pengawas dari badan keamanan Eropa (OSCE) dijadwalkan melakukan monitor terhadap wilayah timur dan perbatasan dengan Rusia.

Para pengawas mengeluh karena mereka ditembaki tentara berseragam yang beroperasi di dekat daerah pemerintah pada hari Rabu.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1