Habis Kebanjiran, Hong Kong Bersiap Dilanda Topan Haima

Author : Administrator | Friday, October 21, 2016 08:43 WIB

Jurnalis : Silviana Dharma

Sinyal kedatangan Topan Haima dari Filipina ke Hong Kong. (Foto: Hong Kong Free Press)

HONG KONG – Hong Kong bersiap dilanda Topan Haima berkecepatan 145 kilometer per jam pada hari ini waktu setempat. Seluruh rumah, bangunan hingga kegiatan operasional pemerintahan ditutup, kecuali beberapa kantor layanan penting yang mengatur keuangan global.

“Berdasarkan perkiraan badan pengamat cuaca saat ini, Topan Haima akan sangat mendekati Hong Kong sekira sore hari. Badai tersebut bergerak menuju bagian timur kawasan tersebut,” demikian keterangan resmi dari Hong Kong Oberservatory, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (21/10/2016).

Kategori topan terburuk angkanya adalah 10. Terkait Topan Haima ini, badan pengamat cuaca di Hong Kong menyebut statusnya berada di tingkat 8. Dampaknya diperkirakan akan cukup parah karena badai yang satu ini dipastikan akan melintasi bagian utara Laut China Selatan setelah lawatannya ke Filipina.

“Ini berarti angin berkecepatan rata-rata 63 kilometer per jam atau lebih diperkirakan akan datang dari arah barat laut,” imbuhnya.

Dengan adanya pengumuman bahaya topan, semua penerbangan dan layanan kereta api masuk dan ke luar kota kabarnya juga sudah dibatalkan. Demikian juga kegiatan di pelabuhan dan ekspor impor di Hong Kong.

 

Sehari sebelum kedatangan Topan Haima, Hong Kong sedang memulihkan diri dari hujan deras yang mengakibatkan banjir besar. Di beberapa daerah, pemerintah bahkan masih membenahi dampak tanah longsor yang terjadi sejak Rabu 19 Oktober 2016.

Harvested from: http://news.okezone.com/read/2016/10/21/18/1520677/habis-kebanjiran-hong-kong-bersiap-dilanda-topan-haima
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1