Gempa Berpotensi Tsunami Goyang New Zealand

Author : Administrator | Monday, November 17, 2014 09:37 WIB
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,GISBORNE -- Gempa berkekuatan 6,7 SR mengguncang pantai timur New Zealand, Ahad (16/11). Pihak berwenang mengatakan gempa berpotensi menimbulkan tsunami.

US Geological Survey melaporkan gempa terjadi pukul 10.33 pagi waktu setempat dan berpusat di 200 km dari timur kota Gisborne di North Island. Gempa berkedalaman 35 km. 

Organisasi pertahanan sipil New Zealand mengatakan gempa kemungkinan menyebabkan tsunami menuju New Zealand. GeoNet, layanan monitoring gempa New Zealand mengatakan tremor cukup parah dan terasa sampai North Island bawah dan atas South Island.

Meski demikian, juru bicara GeoNet mengatakan pusat gempa cukup jauh dari pantai dan terlalu dalam sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan ke daratan. Pusat gempa terjadi di lempeng ''Ring of Fire'' yang bisa mengaktifkan aktifitas vulkanik.

New Zealand mengalami sekitar 20 ribu tremor dalam setahun dengan rata-rata kekuatan 2,5 hingga 6.0 SR. Pada 2011, 185 orang tewas karena gempa 6.3 SR yang menghantam kota Christchurch South Island. Ini merupakan salah satu bencana terparah di era modern.

Sementara, gempa pada 1855 terjadi di Wellington dengan kekuatan 8,2 SR menyebabkan empat orang tewas dan mengubah geografi kota secara keseluruhan. Gempa ini mendorong garis pantai hingga 200 meter karena lantai pantai yang naik.

Harvested from: http://www.republika.co.id/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1