Gempa 7 SR Melanda Iran, 46 Orang Meninggal

Author : Administrator | Wednesday, April 17, 2013 12:34 WIB
Gempa di Iran (REUTERS/Mohammad Salehinia/ISNA)

Iran - Gempa bumi berkekuatan lebih dari 7 skala richter mengguncang wilayah Iran, Selasa waktu setempat. Di Iran sendiri gempa ini tidak memakan korban. Namun di Pakistan, gempa merenggut 35 nyawa.

Diberitakan Reuters, gempa berkekuatan 7,8 skala richter itu terjadi di wilayah tenggara Iran dekat perbatasan. Gempa bisa dirasakan hingga India dan negara-negara Teluk. Di negara tetangga Iran, Pakistan, ratusan rumah hancur, puluhan orang tewas.

Mohammed Ashrat, Kepala Pusat Medis Mashkeel, Pakistan, mengatakan ratusan rumah runtuh menimpa pemiliknya. Di kota ini, 30 orang mati tertimpa bangunan dan 150 lainnya terluka. Lima korban lainnya berasal dari kota Panjgur.

Pemerintah Pakistan langsung mengirimkan pasukan militernya untuk membantu proses evakuasi. Helikopter yang membawa tenda, obat-obatan dan peralatan medis telah tiba di lokasi.

Menurut laporan Pusat Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa terletak sekitar 198 kilometer sebelah tenggara kota Zahedan, Iran, dan 250 kilometer baratlaut kota Turbat, Pakistan. Kedalaman gempa sekitar 82 kilometer dari permukaan bumi.

Awalnya, media Iran yang mengutip sumber tidak resmi mengatakan ada 40 korban tewas dalam bencana tersebut. Namun kabar terakhir, Hatam Narouyi, Gubernur Provinsi Sistan dan Balukistan, mengatakan tidak ada korban tewas, hanya luka sebanyak 27 orang.

Diperkirakan, sedikitnya korban di Iran disebabkan karena dalamnya lokasi gempa.

Harvested from: http://dunia.news.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1