Gagal Take Off Warnai Debut Airbus A350 Qatar Airways

Author : Administrator | Monday, December 14, 2015 08:47 WIB
Airbus A350 milik Qatar Airways (Foto: Telegraph)
Airbus A350 milik Qatar Airways (Foto: Telegraph)

 

NEW YORK – Debut penerbangan pesawat Airbus A350 milik Qatar Airways seharusnya menjadi pengalaman terbang tak terlupakan bagi sebagian wartawan yang diundang untuk merasakan kecanggihan burung besi tersebut. Sayangnya, pesawat tersebut gagal untuk lepas landas dari Bandara Internasional John F Kennedy, New York, Amerika Serikat (AS).

Pesawat sudah berada di landasan pacu dan sudah berakselerasi hingga mencapai kecepatan 160 kilometer (km) per jam. Namun, tiba-tiba pesawat berhenti dan mengeluarkan suara lengkingan yang cukup memekakan telinga. Kegagalan terbang diduga karena komputer pesawat membatalkan proses lepas landas secara tiba-tiba saat sedang berakselerasi.

“Pesawat sudah melaju sekira 18 detik di landasan pacu. Namun, tiba-tiba pesawat berhenti dan mengeluarkan suara lengkingan selama 15 detik,” ujar salah satu undangan, Zach Honig, seperti dilansir Telegraph, Senin (14/12/2015).

“Beruntung tidak ada korban luka. Namun, beberapa penumpang termasuk saya sendiri cukup terguncang dengan kejadian ini,” lanjut pria berkacamata itu.

Zach Honig dalam akun Twitter-nya menyatakan, dirinya mendapat informasi bahwa landasan pacu terlalu singkat bagi pesawat A350 menurut komputer sehingga pesawat dihentikan secara mendadak. Meski sempat tertunda, pesawat akhirnya kembali terbang dua jam setelah kejadian menuju Qatar.

Harvested from: http://news.okezone.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1