Empat Orang Tewas dalam Bentrokan Polisi dan Guru di Meksiko

Author : Administrator | Monday, June 20, 2016 05:58 WIB
Massa guru dan polisi di Meksiko selatan terlibat bentrokan, empat tewas dan sejumlah orang terluka, Minggu (19/6/2016) waktu setempat.

 

OAXACA, KOMPAS.com – Sedikitnya empat orang tewas dalam bentrokan mematikan antara polisi  dan serikat guru di Meksiko, Minggu (19/6/2016) waktu setempat.

Menurut pejabat dan serikat guru, massa guru dari sayap radikal Koordinator Nasional Pekerja Pendidikan (NTE) memblokade jalan dan membakar kendaraan di Meksiko selatan.

Para guru itu menentang tes wajib untuk para guru sebagai bagian dari reformasi pendidikan di Meksiko, seperti dilaporkanAssociated Press, Senin (20/6/2016).

Mereka juga memprotes penangkapan pemimpin serikat yang dituding terlibat kasus pencucian uang dan tuduhan lainnya.

Bentrokan antara polisi dan guru pada Minggu siang, atau Senin (20/6/2016) WIB terjadi di beberap kota di Negara Bagian Oaxaca, Meksiko selatan.

Para pengunjuk rasa melemparkan batu kepada polisi. Polisi antihuru-hara melepaskan tembakan ke arah demonstran di Nochixtlan.

Anggota Komisi Politik CNTE, Isabel Garcia, mengatakan, tiga orang yang mendukung aksi protes itu tewas. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara seorang pejabat negara, yang tidak berwenang untuk berbicara kepada pers dan meminta namanya dirahasiakan, mengatakan, seorang polisi Oaxaca tewas.

Pada Minggu malam, pemerintah federal Meksiko merilis sebuah pernyataan tanpa menyinggung jumlah korban tewas. Hanya disebutkan, 21 agen federal terluka.

Juga disebutkan dalam rilis itu, polisi federal yang terlibat dalam pengamanan tidak membawa senjata.

"Serangan dengan senjata berasal dari orang luar blokade yang menembaki penduduk dan polisi federal," katanya.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1