Dunia Akui Indonesia Berpengalaman Lakukan Pencarian

Author : Administrator | Wednesday, December 31, 2014 10:08 WIB
Dunia Akui Indonesia Berpengalaman Lakukan Pencarian
Pilot berdoa sebelum melakukan pencarian. (Foto: Reuters)

PANGKALPINANG – Indonesia memiliki kemampuan pencarian dan penyelamatan yang paling canggih di antara negara-negara Asia. Itu diketahui dari pengalaman berbagai insiden kecelakaan yang menimpa pesawat dan kapal feri.

Cuaca buruk membuat pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura hilang kontak pada Minggu 28 Desember 2014. Pesawat Airbus A320-200 tersebut membawa 162 penumpang dan kru.

"Indonesia memiliki banyak pengalaman dengan bencana. Satu hal yang sangat mereka kuasai dengan baik adalah saat menyelidiki kecelakaan," kata Greg Waldron, manajer editor publikasi industri Asia FlightGlobal, seperti diberitakan Wall Street Journal, Kamis (31/12/2014).

Dia melanjutkan, pihak berwenang Indonesia seharusnya bisa cepat menempatkan pesawat yang hilang. Terakhir, Tim Basarnas menemukan lokasi pesawat yang hilang dan langsung melakukan operasi pencarian di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Namun, Tim Basarnas harus memperhatikan cuaca buruk yang terjadi di sana. Sebab, hal itu bisa memperlambat pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 tersebut.

Waldron menambahkan, Tim Penyidik Indonesia memiliki hubungan yang mendalam dengan lembaga yang menyelidiki kecelakaan penerbangan di seluruh dunia. Termasuk, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat.

Martin Consulting, perusahaan penasihat penerbangan independen, juga memuji keberhasilan Indonesia menemukan pesawat yang hilang ini. "Indonesia sebenarnya memiliki kendaraan laut tanpa awak yang dapat menavigasi meskipun cuaca di laut sangat berat," kata Mark Martin.

"Jika pesawat tersebut turun, saya yakin bahwa itu akan ditelusuri dengan cepat dan upaya penyelamatan bisa berlangsung sukses,” sambungnya.

Harvested from: http://news.okezone.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1