Dua Keluarga Muslim Jaga Pintu Gereja Yerusalem Selama Ratusan Tahun

Author : Administrator | Wednesday, December 28, 2016 09:06 WIB

Gereja Makam Kudus di Yerusalem. (Foto: AFP/Getty)

SELAMA ratusan tahun, dua keluarga Muslim dipercaya menjaga pintu Gereja Makam Kudus di Yerusalem. Gereja tersebut diyakini menjadi tempat peristirahatan terakhir Yesus Kristus.

Adeeb Jawad Joudeh Al Husseini ditemui ketika dia sedang duduk di kursi yang terletak di pintu masuk pengunjung Gereja Makam Kudus, Yerusalem, pada suatu Minggu pagi. Di gerbang gereja yang didirikan pada abad ke-4 itulah pria muslim berusia 53 tahun tersebut menghabiskan sebagian besar hidupnya.

Ayah Al Husseini, kakeknya, dan belasan generasi di atasnya juga menjalani hidup mereka seperti itu, duduk di kursi seraya menjaga gereja yang diyakini merupakan makam Yesus Kristus. Saat sedang berbicara, Al Husseini menarik kunci besi sepanjang 20 sentimeter dari dalam kantung jaket kulitnya. Kunci itu adalah satu-satunya benda yang dapat membuka gerbang gereja.

Menurut Al Husseini, keluarganya diberi tugas menjaga Gereja Makam Kudus itu oleh Saladin, sultan yang merebut Yerusalem dari tentara Salib pada 1187 lampau. Saladin ingin memastikan gereja itu tidak dirusak oleh umat muslim seperti pada 1009—ketika pemimpin kekhalifahan Fatimiyah, Al Hakim, memerintahkan sejumlah gereja di Yerusalem dibakar, termasuk Gereja Makam Kudus (belakangan, putra Al Hakim mengizinkan pembangunan kembali Gereja Makam Kudus pada 1128).

Kunci Gereja Makam Kudus. (foto: Sara Toth Stub/BBC)

"Sehingga Saladin memberi keluarga kami kunci ini untuk melindungi gereja. Bagi keluarga kami, ini adalah suatu kehormatan. Namun, kehormatan itu bukan hanya untuk keluarga kami, melainkan juga untuk semua Muslim di dunia," kata Al Husseini.

Karena itu, bersama keluarga muslim Nuseibeh, keluarga Al Husseini menjadi bagian dari pengurus Gereja Makam Kudus dalam struktur yang rumit.

(rfa)

Harvested from: http://news.okezone.com/read/2016/12/28/18/1577375/dua-keluarga-muslim-jaga-pintu-gereja-yerusalem-selama-ratusan-tahun
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1