Dua Jet AU Bertabrakkan di Italia, Empat Personel Hilang

Author : Administrator | Wednesday, August 20, 2014 09:18 WIB
Pesawat jet. Ilustrasi
Pesawat jet. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Dua jet tornado Angkatan Udara bertabrakkan di udara dan jatuh di perbukitan yang ditumbuhi pohon, saat melakukan misi pelatihan di Italia Tengah, kata pemerintah lokal pada Selasa (19/8).

Kecelakaan tersebut terjadi di dekat Kota Kecil Ascoli Piceno di Wilayah Marche, sehingga menimbulkan kebakaran luas di satu daerah perbukitan yang ditumbuhi pepohonan. Tak ada laporan mengenai orang yang cedera di darat.

Kedua pilot itu dan dua navigator pesawat tersebut dilaporkan hilang setelah melontarkan diri mereka sebelum mereka jatuh, kata Angkatan Udara Italia.

"Kami sedang memeriksa dinamika kecelakaan tersebut," kata juru bicara Angkatan udara kepada stasiun televisi Sky, sebagaimana dikutip Xinhua -- yang dipantau di Jakarta, Rabu (20/8) pagi. "Kami memperoleh konfirmasi mengenai sinyal radio yang mengaktifkan pelontaran kursi," katanya.

Beberapa pesawat dan tim pencarian-dan-pertolongan sedang memeriksa daerah luas di sekitar lokasi kecelakaan. Mereka dilaporkan menemukan parasut pada hari itu tapi tak ada jejak keempat personel Angkatan Udara tersebut.

Kedua jet itu datang dari Pangkalan udara Ghedi di Italia Utara. Mereka sedang terbang rendah, kata beberapa saksi mata, dan diperkirakan akan kembali ke pangkalan tersebut setelah misi pelatihan.

Petugas pemadam berjuang menjinakkan kebakaran hutan yang beresiko mencapai beberapa desa yang berdekatan, kata Wali Kota Ascoli Piceno Guido Castelli sebagaimana dikutip stasiun televisi Rai.

Beberapa saksi mata yang dikutip oleh harian Republica mengatakan mereka melihat kedua jet itu "bersentuhan" di tengah udara, lalu salah satunya terbakar dan keduanya jatuh.

Suara tabrakan dilaporkan terdengar sampai jarak 25 kilometer, sementara pecahan dan puing pesawat digambarkan oleh warga setempat sebagai jatuh "seperti potongan kertas".

Harvested from: http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/14/08/20/nal11n-dua-jet-au-bertabrakkan-di-italia-empat-personel-hilang
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1