Donald Trump Kalahkan Ted Cruz di Indiana

Author : Administrator | Wednesday, May 04, 2016 07:54 WIB
Donald Trump Kalahkan Ted Cruz di Indiana
Donald Trump usai memenangkan primary Indiana (Foto: AFP)

 

Metrotvnews.com, Indianapolis: Calon Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump berhasil mengalahkan rivalnya yang juga berasal dari Partai Republik, Ted Cruz di primary Indiana.

Tentu, hal ini semakin memantapkan jalan miliarder tersebut untuk melangkah ke tangga Presiden AS selanjutnya. Sebelumnya, Trump mengklaim ia bisa menjadi Presiden AS jika ia memenangkan primary di Indiana.

"Kami bersaing dengan layak untuk mencapai kemenangan. Kami bersaing keras di negara ini dan saya optimis, tapi pada saat ini semua ada di tangan pemilih," kata Cruz, kepada CNN usai primary di Indiana, Rabu (3/3/2016), waktu AS.

Cruz pun memutuskan untuk menghentikan kampanyenya dalam nominasi pencalonan Presiden AS ini setelah kalah dari Trump di primary Indiana.

"Saya sudah mengatakan bahwa saya akan melanjutkan selama ada jalan yang layak. Malam ini, saya minta maaf jika saya harus berhenti," ujarnya.

Cruz terus berkampanye di Indiana, namun sepertinya hal tersebut belum bisa menandingi Trump. Sementara itu, Trump harus memenangkan sekitar 200 delegasi lagi untuk meraih kemenangannya.

Dalam pidato kemenangannya, Trump sempat mengatakan bahwa Cruz adalah salah satu saingan terberatnya selama ini. Dengan kemenangannya di Indiana, Trump memastikan akan menjadi calon dari Partai Republik untuk maju ke kursi Presiden AS.

Dalam beberapa jam, hasil primary di Indiana pun sudah terlihat jelas. Trump memperoleh suara sebanyak 53 persen dan Cruz harus menelan kekalahan dengan hanya mendapatkan 37 persen.

Sejak beberapa hari lalu Trump terus mengatakan bahwa kemenangan dalam pemilu pendahuluan di negara bagian selanjutnya akan memastikan kemenangan.

Cruz dan Kasich berusaha keras mencegah Trump meraih mayoritas delegasi di Indiana, yang akan memaksa diadakannya konvensi Republik untuk menentukan capres. 

Trump merasa konvensi Republik tidak akan terjadi, dan dirinya akan maju untuk berhadapan satu lawan satu dengan Hillary Clinton yang juga hampir dipastikan menjadi capres dari Partai Demokrat. Sedangkan dari Partai Demokrat, Bernie Sanders disinyalir akan memenangkan primary di Indiana.
 

 


Harvested from: http://internasional.metrotvnews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1