Dikritik, Presiden Georgia Memilih Tak Dikawal

Author : Administrator | Monday, March 04, 2013 10:33 WIB
Presiden Georgia Mikheil Saakashvili mengendarai mobilnya sendiri (Youtube)

VIVAnews - Biasanya, pengamanan kepala negara di seluruh dunia dilakukan dengan ekstra ketat. Perjalanan mereka juga dikawal oleh rangkaian pasukan pengaman, yang tidak jarang menyusahkan pengguna jalan yang lain.

Presiden Georgia Mikheil Saakashvili ingin menghentikan kebiasaan yang sering menuai kecaman dari warga ini. Alih-alih dikawal, dia memilih pergi menuju bandara dengan mengendarai mobilnya sendiri, hanya ditemani istrinya.

Diberitakan Daily Mail akhir pekan lalu, Saakashvili saat itu hendak melakukan kunjungan kenegaraan ke negara tetangga Azerbaijan. Aksinya berada di belakang setir ini direkam oleh tim media kepresidenan dan diunggah di Youtube.

Dalam video tersebut, Saakashvili bahkan mengangkat koper dan jas sendiri saat turun ke garasinya. Mobilnya adalah Nissan mungil bertenaga listrik.

Di jalanan, Saakashvili berkendara dengan pelan sekali. Dia bahkan sempat terjebak beberapa kali di kemacetan atau lampu merah.

Aksinya ini merupakan jawaban atas kritikan terhadapnya. Dia sempat dianggap presiden yang menghamburkan uang negara dengan gaya hidup mewahnya.

Sebelumnya, kemanapun Saakashvili pergi, dia selalu menggunakan limousine Mercedes anti peluru, ditemani oleh beberapa mobil Jeeps untuk mengangkut pengawalnya yang bersenjata lengkap.

Dia juga mendapatkan penentangan keras dari kubu oposisi di parlemen yang memintanya mundur. Beberapa kali pidatonya di parlemen diboikot, bahkan sempat terjadi kekerasan di luar gedung parlemen. Tahun 2005, dia pernah menjadi sasaran percobaan pembunuhan.

Sekarang, Saakashvili bertekad untuk menjadi presiden yang sederhana, pergi kemanapun tanpa pengawalan. Dia mengatakan, satu-satunya pengawalnya saat ini adalah istrinya.

"Jika terjadi sesuatu, ada istri saya yang akan melindungi saya," kata dia berkelakar. (eh)

Harvested from: http://dunia.news.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1