Daftar Kecelakaan Pesawat yang Melibatkan Maskapai Penerbangan Rusia

Author : Administrator | Monday, November 02, 2015 10:33 WIB
Puing-puing pesawat Rusia yang jatuh hari Sabtu (31/10/2015) tampak di gurun Sinai.

 

SINGAPURA, KOMPAS.com — Kecelakaan pesawat Kogalymavia yang jatuh di pegunungan Sinai, Mesir, Sabtu (31/10/2015) pagi waktu setempat, membuat standar keselamatan penerbangan Rusia menjadi sorotan.

Rusia memang memiliki standar keselamatan pesawat yang tidak begitu baik. Umur pesawat yang relatif tua menjadi penyebab utama sering terjadinya kecelakaan.

Berikut adalah kecelakaan yang melibatkan maskapai Rusia dalam 15 tahun terakhir berdasarkan data yang kompilasi dari BBC dan Wikipedia. 

4 Juli 2001. Sebuah pesawat Tupolev milik maskapai Vladivostok Airlines mengalami kecelakaan ketika sedang bersiap mendarat di Bandara Irkutsk. Pesawat itu berencana transit di Irkutsk sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir di kota pelabuhan Vladivostok. Sebanyak 133 penumpang dan 10 kru pesawat tewas.

1 Juli 2002. Pesawat Tupolev Tu-154 yang mengangkut 60 penumpang menabrak pesawat kargo DHL di atas kota Uberlingen di selatan Jerman. Tidak ada korban selamat dalam peristiwa itu. Pesawat tersebut merupakan pesawat carter yang disewa Maskapai Bashkirian Airlines dan sedang dalam perjalanan dari Moskwa ke Barcelona. Mayoritas penumpang pesawat adalah rombongan pelajar Rusia yang berencana mengikuti study tour UNESCO.

9 Juli 2004. Pesawat maskapai S7 yang terbang dari Bandara Domodedovo, Moskwa, mengalami kecelakaan sesaat setelah mendarat di Bandara Irkutsk. Pesawat Airbus A-310 dengan kode penerbangan 778 itu menggelinding keluar dari landasan pacu dan kemudian terbakar. Sebanyak 125 penumpang tewas dan 78 orang lainnya lolos dari maut.

14 September 2008. Boeing 737 dengan nomor penerbangan 821 milik maskapai terkemuka Rusia, Aeroflot, jatuh sesaat sebelum mendarat di Bandara Perm di kota Perm, Rusia. Sebanyak 82 penumpang dan enam kru tewas. Isu pilot kurang istirahat dan mengonsumsi alkohol disebut sebagai salah satu penyebab kecelakaan maut itu. Pesawat itu memulai perjalanannya dari Bandara Sheremetyovo, Moskwa.

10 April 2010. Presiden Polandia Lech Kaczynski beserta istri dan pejabat penting lainnya tewas setelah pesawat kepresidenan buatan Rusia, Tupolev 154, gagal melakukan mendarat di Bandara Smolensk, Rusia. Pesawat menabrak pohon di tengah cuaca buruk dengan kabut tebal dengan jarak pandang kurang dari 500 meter.

17 November 2013. Pesawat Tatarstan Airlines 363 jurusan Kazan, Rusia, meledak sesaat sebelum mendarat di Bandara Kazan. Sebanyak 44 penumpang dan enam kru pesawat tewas dalam kecelakaan yang mengakibatkan bandara ditutup 24 jam.

Harvested from: http://internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1