China luncurkan satelit pencari Malaysian Airlines

Author : Administrator | Tuesday, March 11, 2014 08:51 WIB
Boeing B-777-200ER Malaysia Airlines seperti inilah yang dinyatakan hilang kontak pada penerbanga bernomor MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing, Sabtu (8/3). (wikipedia.org)

 

Beijing (ANTARA News) - China meluncurkan satelit pemantau guna memaksimalkan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang di sekitar wilayah perairan Vietnam saat penerbangan Kuala Lumpur-Beijing pada Sabtu (8/3).

Situs Angkatan Bersenjata China pada Selasa menyebutkan, Pusat Pengawasan dan Pengendalian Satelit Citic Xian meluncurkan satelit guna memantau kondisi cuaca, komunikasi dan beragam aspek lainnya untuk memaksimalkan pencarian MH370 yang membawa 239 orang.

Tiga hari setelah hilangnya pesawat, lima kapal perang China, termasuk Mianyang dan Jianggangshan tiba di lokasi yang diduga sebagai tempat hilangnya pesawat di sekitar perairan Vietnam.

Mianyang dan kapal patroli maritim kepolisian China "3411" telah melakukan penyusuran hingga area 5.500 kilometer persegi, kata Kapten Mianyang Zhang Yu, dalam laporan singkatnya.

Selain kapal-kapal perang, China juga mengerahkan kapal-kapal patroli maritim kepolisiannya, dan kapal patroli Kementerian Transportasi.

Jika masih diperlukan, China mengumumkan, telah menyiapkan armadanya yang lain.

Hingga saat ini tercatat sembilan negara, termasuk Indonesia, yang terlibat dalam pencarian pesawat B777-200 milik maskapai Malaysia Airlines.

Tercatat sekitar 40 kapal perang dan 34 pesawat serta helikopter, terlibat dalam misi pencarian pesawat yang membawa 154 warga negara China, tujuh warga negara Indonesia dan 12 warga negara lain tersebut.

Pihak Administrasi Penerbangan Sipil China meminta Pemerintah Malaysia untuk berupaya lebih keras dalam penanganan insiden tersebut, termasuk lebih mengintensifkan komunikasi dengan pihak terkait di China.

"Komunikasi yang efektif dan transparan, serta upaya yang lebih dari Pemerintah Malaysia sangat kami harapkan," kata Wakil Direktur Administrasi Penerbangan Sipil China Xia Xinghua dalam pertemuan dengan wakil Malaysia Airlines di Beijing.

Harvested from: www.antaranews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1