China Lebih Seksi Jadi Alasan Filipina 'Bercerai' dengan Amerika Serikat

Author : Administrator | Friday, October 21, 2016 08:33 WIB

Presiden Filipina Rodrigo Duterte melihat dokumen yang berisi daftar pejabat pemerintah yang terlibat dalam narkoba saat ia memberikan pidato di kamp pelatihan militer di kota San Miguel, provinsi Bulacan, utara Manila pada 15 September 2016. (TIME) 

 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING- Presiden Filipina Rodrigo Dutertemengumumkan pemutusan hubungan dengan Amerika Serikat(AS). Seiring kesepakatan Filipina dengan China terutama menyangkut sengketa Laut China Selatan.

Duterte mengumumkan pernyataan itu pada sebuah forum bisnis yang dihadiri Wakil Presiden China Zhang Gaoli di Aula Agung Rakyat di Beijing dalam kunjungan kenegaraan selama empat harinya ke China.

"Di tempat ini, saya mengumumkan perpisahan saya dariAmerika Serikat. Baik dalam militer, sosial, juga ekonomi. Amerika telah kehilangan," Duterte, Kamis (20/10) seperti yang dilansir Reuters.

Beijing menyambut hangat kunjungan Duterte, termasuk marching band lengkap. Presiden Xi Jinping menyebut kunjungan Duterte sebagai tonggak sejarah hubungan China dan Filipina.

XI mengatakan kepada Duterte bahwa China dan Filipina adalah saudara dan bisa segera menyelesaikan sengketa yang tengah melibatkan kedua negara.

Meski begitu, dia tidak secara rinci menyinggung perihal Laut China Selatan.

"Saya berharap kami bisa mengikuti keinginan rakyat dan menggunakan kunjungan ini sebagai kesempatan untuk mendorong hubungan China-Filipina kembali pada pijakan yang ramah dan arah yang lebih maju,” kata Xi.

Duterte kerap mengeluarkan pernyataan keras terhadap Barat dan Amerika Serikat yang sering mengkritiknya dengan isu pelanggaran HAM di balik kampanye perang melawan narkotika yang dilancarkan Duterte.

Reporter: Yudho Winarto

 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Harvested from: http://www.tribunnews.com/internasional/2016/10/21/china-lebih-seksi-jadi-alasan-filipina-bercerai-dengan-amerika-serikat
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1