Cemas Hadapi Hamas, Israel Siapkan Teknologi Baru

Author : Administrator | Tuesday, August 12, 2014 09:42 WIB
Cemas hadapi Hamas, Israel siapkan teknologi baru (Foto: Reuters)
Cemas hadapi Hamas, Israel siapkan teknologi baru (Foto: Reuters)

YERUSALEM - Pemerintah Israel tengah mempersiapkan teknologi baru untuk mendeteksi sejumlah terowongan di Jalur Gaza yang digunakan oleh pejuang Hamas. Hal ini dilakukan menyusul kecemasan Israel terhadap keberadaan Hamas yang ditakutkan sewaktu-waktu bisa menyerang wilayahnya.

Melansir dari Reuters, Selasa (13/8/2014) seorang perwira militer Israel mengatakan, pihaknya telah membangun alat jaringan sensor yang akan digunakan untuk mendeteksi bangunan terowongan yang di bangun oleh Hamas.

Pembuatan alat sensor tersebut tentunya akan memakan waktu berbulan-bulan. Rencananya alat sensor tersebut akan diletakkan di sepanjang wilayah perbatasan Gaza sekira 68 kilometer (km).

Namun, sebelum alat tersebut digunakan militer Israel akan menguji alat tersebut selama beberapa bulan ke depan untuk membuktikan apakah alat itu siap untuk digunakan sebagai detektor seismik.

Sekadar informasi, upaya Israel untuk menciptakan teknologi itu sudah dilakukan sejak lama. Seorang perwakilan Israel bahkan rela melakukan perjalanan ke Vietnam pada 2002.

Perjalanan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Amerika Serikat (AS) berhasil menghancurkan terowongan yang digunakan selama perang gerilya di Vietnam yang terjadi pada era 1960 dan 70 an.

Pihak militer pun berharap dengan teknologi tersebut Israel mampu mendeteksi sejumlah terowongan yang sedang dibangun di Jalur Gaza dan pihak yang membangunnya.(ang) (rhs)

Harvested from: http://international.okezone.com/read/2014/08/12/412/1023153/cemas-hadapi-hamas-israel-siapkan-teknologi-baru
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1