Cara Baru Selundupkan Kokain, Manfaatkan Beras

Author : Administrator | Saturday, September 26, 2015 04:44 WIB

TEMPO.CO Buenos Aires - Pegawai pabean Argentina menemukan 30 kilogram kokain yang diselundupkan dengan cara unik, yakni diserap dalam butiran beras yang diekspor ke Eropa melalui Afrika. Ketua investigasi kriminal narkotika agen pabean Argentina, Guillermo Gonzalez mengatakan, narkoba itu terdeteksi anjing pelacak. 

"Ini memang metode baru. Penyelundup merendam beras dengan air yang dicampur kokain sampai kering. Ini kali pertama kami melihat penggunaan teknologi itu," kata Gonzales, seperti yang dilansirReuters pada Kamis, 24 September 2015.

Menurutnya, pengedar narkoba tersebut diyakini menggiling beras berisi obat itu sebelum dijual kembali sebagai kokain. "Kokain murni terlalu kuat dan tidak mampu diserap tubuh manusia, sehingga beras ini mungkin metode yang lebih hemat," katanya.

Saat ini 12 tersangka warga Kolombia dan Argentina ditahan. Upaya penyelundupan itu berhasil digagalkan pada 17 September lalu setelah anjing pelacak menjejak kokain itu dalam kargo berisi karung beras 50 kilogram beras di sebuah gudang di kota Rosario.

Kasus itu membuat Argentina kembali menjadi sorotan sebagai negara pengiriman kokain yang diproduksi di Bolivia, Peru, serta Kolombia. Obat terlarang dari negara-negara itu biasanya dikirim ke Afrika sebelum diselundupkan ke pasar Eropa. 

Harvested from: http://dunia.tempo.co/read/news/2015/09/26/119703960/cara-baru-selundupkan-kokain-manfaatkan-beras
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1