Buru Para Koruptor, China & AS Jalin Kerjasama

Author : Administrator | Thursday, October 27, 2016 09:38 WIB

Jurnalis : Ahmad Taufik

China dan AS perkuat kerjasama untuk buru para koruptor (Foto: IB Times)

BEIJING – Pemerintah China dan Amerika Serikat (AS) menjalin kerjasama untuk memburu para koruptor yang kabur ke luar negeri. Salah satu tujuan kerjasama kedua negara adalah untuk mengembalikan lima koruptor yang paling dicari China dan saat ini telah kabur ke Negeri Paman Sam.

Kerjasama ini adalah bagian dari pemberantasan korupsi yang dilakukan  Negeri Tirai Bambu di bawah komando Presiden Xi Jinping. Selama ini, China telah bersumpah untuk mengejar para koruptor melalui Operasi Fox Hunt. Operasi khusus ini bertujuan untuk mengejar para koruptor, eksekutif bisnis, dan juga menyita aset-aset mereka.

Sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (27/10/2016), China selama ini telah berupaya menangkap para koruptor dengan melakukan pencarian ke berbagai negara. Tapi, negara-negara Barat enggan membantu China. Namun, kerjasama antara China dan AS baru-baru ini merupakan angin segar dalam proses pemberantasan korupsi di negara tersebut.

"Kami akan memberikan bukti yang relevan kepada AS pada waktu yang tepat dan membiarkan As melakukan investigasi bersama dengan rekan-rekan kami. Saat ini, kami tengah melakukan proses negosiasi dengan AS untuk mempercepat proses pengembalian para buronan,” ujar salah satu pejabat senior dari Partai Komunis.

 
Harvested from: http://news.okezone.com/read/2016/10/27/18/1525663/buru-para-koruptor-china-as-jalin-kerjasama
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1