Brasil Sambut Terpilihnya Azevedo sebagai Ketua WTO

Author : Administrator | Wednesday, May 08, 2013 09:24 WIB

Roberto Azevedo-REUTERS/Luke MacGregor/bo
 
 

Metrotvnews.com, Brasilia: Presiden Brasil Dilma Rousseff, Selasa (8/6) waktu setempat atau Rabu WIB, memuji terpilihnya Roberto Azevedo dari Brasil sebagai ketua baru Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Menurut Rousseff, terpilihnya Azevedo akan membantu membawa tatanan ekonomi dunia "lebih dinamis dan adil".

Sumber di Jenewa sebelumnya mengatakan Azevedo mengalahkan saingannya dari Meksiko Herminio Blanco dalam pemilihan putaran akhir untuk menggantikan Pascal Lamy asal Prancis sebagai Ketua atau Direktur Jenderal WTO.

Rousseff mengatakan terpilihnya Azevedo, yang secara resmi akan diumumkan Rabu waktu setempat bukanlah kemenangan bagi Brasil semata-mata melainkan kemenangan bagi Organisasi Perdagangan Dunia.

"Ketika mengajukan pencalonannya, Brasil menjelaskan bahwa, dengan pengalaman dan komitmennya, Azevedo bisa mengarahkan organisasi dalam arah tatanan ekonomi dunia yang lebih dinamis dan adil," kata Rousseff.

Menteri Luar Negeri Brasil Antonio Patriota juga menyambut pemilihan tersebut sebagai hasil yang sangat penting yang mencerminkan perubahan tatanan internasional dimana negara-negara berkembang menunjukkan kapasitas kepemimpinannya.

Dia mencatat bahwa Azevedo memenangkan dukungan dari semua kawasan di dunia. Meskipun hasilnya belum resmi dirilis, kandidat Brasil itu dikabarkan menang dengan margin yang lebar.

Azevedo, 55, yang telah menjadi Duta Besar Brasil untuk WTO sejak 2008, memiliki reputasi sebagai negosiator dan pembangun konsensus yang berpengalaman. Dia sekarang menghadapi tugas berat mencoba untuk menghidupkan kembali pembicaraan liberalisasi perdagangan "Putaran Doha" WTO yang terhenti.

Program itu diluncurkan pada 2001 dengan tujuan menggunakan perdagangan internasional untuk meningkatkan pembangunan di negara anggota yang miskin. Brasil, kekuatan ekonomi terbesar ketujuh di dunia, adalah anggota penting dari blok ekonomi negara berkembang BRICS bersama China, India, Rusia, dan Afrika Selatan. (Ant)


Editor: Irvan Sihombing

 

 

sumber : metrotvnews

Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1