AS Setop Perundingan dengan Rusia Soal Suriah

Author : Administrator | Tuesday, October 04, 2016 06:17 WIB

AFP PHOTO / THAER MOHAMMED

 

 

AMERIKA Serikat menghentikan perundingan dengan Rusia mengenai pemulihan gencatan senjata di Suriah. AS menyalahkan Moskow karena peran militernya dalam serangan terhadap Kota Aleppo di Suriah, pekan lalu.

Keputusan tersebut diambil setelah ancaman dari Menteri Luar Negeri AS John Kerry bahwa Washington makin kehilangan kesabaran dengan Moskow mengenai masalah Suriah dan menimbulkan tantangan baru dalam prospek penyelesaian politik bagi konflik Suriah.

"Ini bukan keputusan yang diambil dengan mudah," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby dalam satu pernyataan yang dilansir Xinhua, Selasa (4/10). AS menuduh Rusia gagal melaksanakan komitmennya mengenai kesepakatan gencatan senjata di Suriah, yang dicapai pada 10 September 2016 lalu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS itu juga menuduh Moskow dan Damaskus mengincar daerah sipil dan prasarana penting seperti rumah sakit dan menghalangi bantuan kemanusiaan sampai ke warga sipil.

Sebagai bagian dari keputusan pada Senin, AS akan menarik personel yang telah dikerahkan sebagai persiapan bagi kemungkinan pembentukan Pusat Pelaksanaan Bersama dengan Rusia.

Meski demikian, Kirby mengatakan AS akan terus memanfaatkan saluran komunikasi yang dibuat dengan Rusia untuk operasai peredaan konflik dan kontra-teror di Suriah.

"Kesabaran setiap orang dengan Rusia mulai hilang," kata Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest pada Senin. Ia menuduh Moskow melakukan pemboman membabi-buta sehingga menewaskan warga sipil serta menyerang rumah sakit di Suriah. "Tak ada lagi yang akan dibicarakan oleh Amerika Serikat dengan Rusia," kata Earnest.

Pada 10 September, Rusia dan AS mengumumkan kesepakatan bersejarah mengenai gencatan senjata di seluruh Suriah, yang diharapkan oleh kedua negara itu akan mengarah kepada kerja sama militer negara mereka guna mengakhiri lebih dari lima tahun pertumpahan darah di Suriah. (X-12)

Harvested from: http://mediaindonesia.com/news/read/70163/as-setop-perundingan-dengan-rusia-soal-suriah/2016-10-04
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1