AS Kirim 1.000 Rudal Anti-tank untuk Hadapi ISIS di Irak

Author : Administrator | Thursday, May 21, 2015 11:04 WIB
Dalam video yang diunggah ke situs YouTube, kelompok Jaysh al-Islam yang merupakan gabungan 60 milisi bersenjata di Suriah. Kelompok ini dibentuk untuk melawan ISIS dan pasukan pemerintah Suriah.

KOMPAS.com — Militer Amerika Serikat menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan 1.000 rudal anti-tank untuk Pemerintah Irak setelah jatuhnya kota Ramadi ke tangan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Seorang juru bicara militer AS mengatakan, rudal itu untuk membantu menghadapi kendaraan peluncur bahan peledak yang diimprovisasi, yang digunakan dalam perang di Ramadi, di sebelah barat ibu kota Baghdad.

Ditambahkan bahwa AS juga akan memberikan perlindungan dari udara kepada milisi Syiah yang berupaya merebut kembali Ramadi, dengan syarat milisi itu berada di bawah komando Pemerintah Irak.

Washington kini sedang mempertimbangkan pula untuk mempercepat pelatihan dan pemberian peralatan kepada pasukan-pasukan masyarakat kesukuan untuk melawan militan Islam.

Sementara itu, ribuan warga Irak yang mengungsi dari Ramadi akhirnya diizinkan masuk ke Baghdad setelah menunggu selama beberapa hari.

Pihak berwenang sempat melarang para pengungsi ini menyeberang ke Baghdad karena kekhawatiran akan dimanfaatkan para jihadis ISIS sebagai tameng untuk memasuki ibu kota.

Lebih dari 40.000 orang mengungsi di Provinsi Anbar setelah jatuhnya ibu kota provinsi, Ramadi, ke tangan ISIS, yang oleh beberapa pihak dilihat lebih sebagai kegagalan angkatan bersenjata Irak karena banyak tentara yang mengabaikan tugas mereka.

Harvested from: http://internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1