AS: Jet Tempur Arab dan Eropa Lakukan 10% Serangan terhadap ISIS

Author : Administrator | Tuesday, October 07, 2014 09:20 WIB
Pesawat tempur AS lepas landas dari kapal induk USS George HW Bush untuk menyerang ISIS.

WASHINGTON, KOMPAS.COM - Negara-negara Arab dan sekutu lainnya telah melakukan sekitar 10 persen dari hampir 2.000 serangan udara terhadap kelompok militan Negara Islam di Irak dan Suriah atau ISIS sejak awal Agustus, kata sejumlah pejabat pertahanan AS, Senin (6/10/2014).

Jet-jet tempur AS telah melakukan 1.768 serangan udara sejak 8 Agustus, sementara pesawat tempur peserta koalisi lainnya telah melakukan sekitar 195 serangan udara terhadap posisi militan ISIS, kata pejabat pertahanan kepada AFP, yang mengutip penghitungan hingga hari Minggu.

Angka-angka itu, yang untuk pertama kalinya menjelaskan partisipasi para mitra koalisi yang berasal negara-negara Arab, mencerminkan peran dominan militer AS dalam serangan udara tersebut. Namun para pejabat Pentagon berkeras bahwa peran para mitra Arab dan Eropa kemungkinan akan bertambah dari waktu ke waktu.

Negara-negara Arab yang terlibat dalam operasi di Suriah, yaitu Bahrain, Yordania, Qatar, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, enggan untuk membocorkan rincian partisipasi mereka dalam serangan udara itu. Namun bagi Washington dan Barat, kehadiran negara-negara Arab telah memberikan simbol penting dalam perang melawan kaum ekstremis ISIS itu.

Perancis, Belgia, Inggris, Denmark, Belanda dan Australia telah mengerahkan pesawat untuk upaya di Irak itu, meskipun kehadiran mereka sejauh ini masih dalam skala kecil.

Hal-hal lainnya yang dikeluarkan sejumlah pejabat dan Komando Sentral AS menunjukkan peningkatan skala serangan udara, yang dimulai pada 8 Agustus di Irak dan diperluas ke Suriah pada 23 September.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/read/2014/10/07/08591541/AS.Jet.Tempur.Arab.dan.Eropa.Lakukan.10.Serangan.terhadap.ISIS
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1