AS Desak Korut Segera Lucuti Senjata Nuklirnya

Author : Administrator | Tuesday, February 26, 2013 09:29 WIB
Rudal Korut

VIVAnews - Amerika Serikat (AS) tidak akan melunakkan sikap jika Korea Utara (Korut) tidak melucuti senjata nuklir sebagaimana resolusi yang ditetapkan oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada pertengahan Februari ini, Pyongyang melakukan uji coba peledakan nuklir di bawah tanah yang menimbulkan gempa.

"Jika mereka tidak patuh, maka dialog enam pihak tidak akan dilaksanakan," ujar Duta Besar AS untuk ASEAN, David Lee Carden, di Pusat Kebudayaan AS, Jakarta, Senin 25 Februari 2013.

Dialog enam pihak yang dimaksud oleh Carden pertemuan yang dihadiri oleh Korut, Korea Selatan, Jepang, China, Rusia dan AS yang melobi pemerintah Pyongyang untuk melucuti seluruh persenjataan nuklir yang dimilikinya. Sebagai imbal balik jika Korut mau bekerja sama, maka negara-negara peserta dialog itu menjanjikan bantuan pangan, bahan bakar dan bahkan normalisasi hubungan bilateral dengan AS dan Jepang.

Carden menegaskan, sikap pemerintahnya tidak berubah. AS akan terus memperingatkan Korut agar segera melucuti senjata nuklirnya sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Selain AS, uji coba nuklir Korut ini juga mendapat kecaman dari segala penjuru, mulai dari Eropa, Amerika, hingga Asia. Bahkan, Eropa memperketat sanksi untuk Korut.

Harvested from: http://dunia.news.viva.co.id
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1