AS akan Kirimkan 130 Penasihat Militer ke Irak

Author : Administrator | Wednesday, August 13, 2014 09:33 WIB
Ilustrasi

Washington - Amerika Serikat (AS) mengirimkan 130 penasihat militernya ke wilayah Irak bagian utara. Hal ini dimaksudkan untuk mempelajari situasi krisis kemanusiaan di negara tersebut.

"Saya merekomendasikan kepada presiden dan presiden telah memberikan izin kepada saya untuk melakukannya dan mengirimkan 130 anggota tim penasihat yang baru ke wilayah Irak bagian utara, di area Arbil, untuk melihat lebih dekat dan memberikan penilaian lebih mendalam terkait di wilayah mana kami bisa membantu lebih jauh," ujar Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel seperti dilansir AFP, Rabu (13/8/2014).

Secara terpisah, seorang pejabat pertahanan AS menyatakan, pengiriman personel tambahan tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan upaya penyaluran bantuan kemanusiaan, yang kini tengah dilakukan AS di Irak, terutama di kawasan Gunung Sinjar.

"Saya juga ingin mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Presiden Obama dengan jelas, bahwa ini bukanlah perluasan peran apapun bagi AS, selain untuk membantu dan memberikan nasihat bagi tentara Irak," tegas Hagel.

"Presiden sudah menjelaskan, bahwa kami tidak akan kembali ke Irak dalam misi pertempuran yang sama yang pernah kami lakukan sebelumnya," imbuhnya.

Personel tambahan yang dikirimkan AS ini termasuk personel Marinir AS dan operasi pasukan khusus.

Harvested from: http://news.detik.com/read/2014/08/13/090724/2660579/1148/as-akan-kirimkan-130-penasihat-militer-ke-irak?9922022
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1