Amerika Serikat Terjunkan Pasukan Khusus Atasi ISIS

Author : Administrator | Wednesday, December 02, 2015 12:26 WIB
Ash Carter tidak merinci jumlah pasukan elit yang akan dikirim ke Irak.

 

KOMPAS.com  Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter mengatakan, pasukan khusus AS akan dikirim ke Irak untuk memerangi kelompok yang menyebut diri Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Pernyataan itu disampaikan menteri pertahanan di hadapan komite kongres pada Selasa (1/12/2015).

Dikatakan oleh Carter bahwa pasukan khusus akan melakukan operasi baik di wilayah Irak maupun di Suriah. Ia tidak menyebut jumlah personel yang akan dikirim.

Menurut dia, pasukan diberi wewenang untuk melancarkan serangan, membebaskan para sandera, dan menangkap para komandan ISIS.

''Serangan di Irak akan dilakukan atas permintaan Pemerintah Irak dan dipusatkan pada upaya mempertahankan perbatasan dan membantu membangun kapasitas pasukan keamanan Irak sendiri," kata Carter.

''Pasukan ini juga akan mampu melakukan operasi sepihak di Suriah."

Namun, langkah Amerika Serikat ini ditentang oleh sejumlah kelompok milisi Syiah di Irak yang sudah memerangi ISIS. Salah satu kelompok bahkan mengatakan akan melawan pasukan Amerika yang diterjunkan di Irak.

Pada Oktober tahun ini, Amerika Serikat mengungkapkan rencana untuk mengirim sekitar 50 pasukan elite ke Suriah utara sebagai penasihat militer bagi pasukan Kurdi dan pasukan pemberontak di sana.

Harvested from: http://internasional.kompas.com/
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image